Tetap Bugar dan Sehat di Bulan Ramadhan ala Wakil Ketua DPRD Jawa Barat

Kesehatan157 views

Bogor, Inionline.Id – Wakil ketua DPRD Jawa Barat, Achmad Ru’yat tetap menyarankan masyarakat Jawa barat serta warga Kabupaten Bogor khususnya di tengah pandemik covid-19 yang saat ini melanda untuk tetap menjaga kesehatan agar imunitas tubuh selalu baik.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan olahraga ringan di rumah saja. “Pertama kita bisa yoga, olahraga tersebut merupakan salah satu olahraga ringan yang tidak membutuhkan terlalu banyak energi sehingga cocok sekali dilakukan saat Ramadhan,” ujar Ru’yat saat dihubungi melalui aplikasi Whatsapp pada Jum’at (01/05/2020).

Menurutnya, Olahraga yang mengandalkan kelenturan tubuh ini juga bisa dilakukan sendiri di rumah. Cukup gunakan matras yoga, maka masyarakat pun bisa langsung mengikuti gerakannya dari video yang ada di internet. “Selain meningkatkan stamina, yoga juga bisa menjadi sarana untuk relaksasi dan menenangkan diri,” tutur Ru’yat. Selain itu, senam ringan sambil berjemur di pagi hari pun bisa menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat untuk tetap menjaga kesehatan tubuh.

“Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti yang berasal dari University of Edinburgh, senyawa yang disebut nitric oxide akan dilepaskan ke dalam pembuluh darah segera setelah sinar matahari menyentuh kulit. Senyawa tersebut dapat berfungsi untuk membantu menurunkan tekanan darah. Temuan ini sangat penting karena sebelumnya orang-orang menganggap bahwa satu-satunya manfaat berjemur di pagi hari bagi manusia adalah untuk merangsang produksi vitamin D,” kata Ru’yat.

Maka berjemur dipagi hari sambil melakukan gerakan senam ringan akan bermanfaat cukup baik bagi masyarakat.

“Dan yang terakhir jangan lupa, shumu tasihhu berpuasalah niscaya sehat,” tutup Ru’yat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *