SMK PP Binaan Kementan Mempenalkan Smartpot Kokedama MIMOS

Pendidikan257 views
Inionline.id – Pandemi covid-19 di Indonesia yang masih berlangsung hingga saat ini tidak menghalangi SMK PP Binaan Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan inovasi.

SMK PP Negeri 1 Tegalampel berhasil menciptakan inovasi berupa Smartpot Kokedama MIMOS

MIMOS merupakan hasil kolaborasi antara teknisi laboratorium kultur jaringan dan guru produktif di SMK PP Negeri 1 Tegalampel. MIMOS didesain dengan memiliki tiga sensor.
“Gas sensor membuat robot Kokedama dapat mencari cahaya sendiri sesuai intensitas cahaya yang dibutuhkan,” ujar Kepala SMK PP Negeri 1 Tegalampel Anik Sudartini, dikutip keterangan tertulis, Sabtu, 23 Mei 2020.
Sensor ultrasonik mampu membuat alat ini mempunyai fungsi avoider, sehingga tidak menabrak ketika dioperasikan. Sedangkan sensor terakhir digunakan untuk mendeteksi adanya polusi di dalam ruangan yang ditandai dengan bunyi alarm,” kata Anik.
Menurut Anik, MIMOS ini belum sempurna. Ke depan akan dilengkapi dengan monitoris suhu, kelembaban ruangan, dan security system. Sehingga dapat melakukan monitoring ruangan di manapun berada.
Kokedama sendiri merupakan teknik menanam dari Jepang, yaitu menempatkan tanaman dalam bola tanah kemudian membungkusnya dengan moss (lumut/sabut kelapa). Lalu mengikatnya dengan tali dan biasanya dibentuk bulat. Teknik menanam ini unik karena tidak menggunakan pot.