Samsung Ungkap Smartphone Pertama Dengan Teknologi Keamanan Kuantum

Iptek157 views

Inionline.id – Samsung bersama perusahaan telko Korea Selatan SK Telecom, baru saja meluncurkan smartphone 5G pertama di dunia dengan sistem keamanan canggih.

Melansir Engadget, smartphone ini menggunakan teknologi Quantum Random Number Generator (QRNG), dan perangkatnya diberi nama Galaxy A Quantum. Smartphone ini sebenarnya adalah Galaxy A71 5G yang dibekali teknologi keamanan kuantum tersebut.

QRNG sendiri akan membuat aplikasi dan layanan yang ada dalam smartphone tersebut akan lebih sulit untuk diretas.

Hal ini dilakukan dengan cara penggunaan generator nomor acak untuk masuk ke berbagai layanan seperti platform pembayaran online. Hal ini penting mengingat di sektor ini pengguna sering kebobolan oleh hacker nakal jika kurang hati-hati.

Chip dari QRNG menggunakan LED dan sensor foto CMOS. LED digunakan untuk memancarkan noise, dan CMOS digunakan untuk menangkap keacakan kuantumnya dengan pola yang tak dapat diprediksi. Proses ini diklaim dapat membuat kombinasi angka super acak, di mana tidak ada teknologi yang dapat meretas ini.

SK Telecom mengklaim bahwa Galaxy A Quantum adalah smartphone paling aman di pasaran saat ini.

Spesifikasi Galaxy A Quantum

Soal spesifikasi, perangkat ini identik dengan Galaxy A71 5G, yakni layar Super AMOLED Infinity O 6,7 inci Full HD, kamera 64MP+12MP+5MP dan selfie 32MP, prosesor Exynos 980, RAM 8GB, dan koneksi 5G.

Sebelumnya, Samsung dan SK Telecom bekerja sama untuk mengembangkan televisi 8K pertama dengan koneksi 5G.