by

PS4 Telah Terjual Lebih Dari 110 juta Unit di Seluruh Dunia

Inionline.id – Persaingan di industri konsol gim memang ketat, meski dominator utamanya hanya ada Sony, Microsoft, dan Nintendo.

Lewat konsol gim PlayStation 4 (PS4) buatannya, Sony selalu berusaha untuk mengungguli Microsoft dan Nintendo dengan sejumlah judul gim eksklusif.

Nampaknya, hal tersebut berbuah manis bagi Sony. Perusahaan asal Jepang tersebut baru saja mengungkap laporan fiskal tahunan mereka.

Disebutkan, ada peningkatan terhadap angka penjualan PS4 meskipun ditengah situasi lockdown dan jelang peluncuran konsol PlayStation 5 (PS5) dari kuartal sebelumnya.

Dikutip dari laporan Sony via GSM Arena via Tekno Liputan6.com, Sony telah menjual 1,5 juta konsol PS4 hanya dalam tiga bulan.

Dengan angkat tersebut, maka angka total penjualan PS4 tersebut mencapai 110,4 juta konsol sejak dirilis pada 15 November 2013.

Adapun semua total angka penjualan tersebut sudah termasuk dengan konsol gim PS4 versi Pro.

Menurun di Kuartal Pertama

Lebih lanjut, 1,5 juta konsol PS4 yang terjual pada Q1 mengalami penurunan dibandingkan tahun lalu, yakni sekitar 2,6 juta konsol.

Namun, mengingat Sony akan mulai menjual PlayStation 5 (PS5) dalam waktu dekat ini, angka tersebut tidak terlalu buruk.

Sony juga menyebutkan, penjualan konsol di periode tersebut disebabkan karena penjualan gim yang lebih rendah.

Sehubungan dengan peluncuran PS5 yang segera tiba, akan sangat sulit PS4 memecahkan rekor penjualan konsol paling laris melampaui PS2 dan Nintendo DS.

Seperti yang sudah diketahui, PS2 dan Nintendo DS masih menempati posisi teratas sebagai konsol gim terlaris sepanjang waktu, dengan penjualan sekitar 157 juta dan 155 juta. Game Boy ditempat ketiga dengan penjualan lebih dari 118 juta unit, dan PS4 di posisi keempat.