Nadiem Diminta untuk Lebih Komunikatif dengan Organisasi Guru

Pendidikan157 views

Inionline.id – Ketua Forum Guru Muhammadiyah (FGM), Pahri, meminta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim tak membuat sekat dengan organisasi guru. Nadiem harus bisa menggandeng organisasi guru dalam memajukan dunia pendidikan.

“Gandeng organisasi guru, kami bukan musuh, tapi kami membantu negara, sehingga bisa bekerja dengan baik,” kata Pahri dalam diskusi daring bertajuk ‘Evaluasi Kebijakan Pendidikan Nasional, Rabu, 20 Mei 2020.

Pahri mengatakan, komunikasi Nadiem dengan organisasi guru hanya terjadi di awal menjabat. Setelahnya, pola dan gaya komunikasi Nadiem dengan organisasi guru kian minim.

Menurut Pahri, Nadiem harus lebih luwes menjalin komunikasi dengan banyak pihak. Terlebih, Nadiem adalah salah satu menteri yang dilabeli ‘milenial’ di kabinet Indonesia Maju.

“Mohon bapak Menteri yang mewakili kaum milenial ini betul-betul menghidupkan kembali komunikasi, koordinasi, dengan forum-forum guru yang sudah ada,” ujarnya.

Berdasarkan hasil survei FGM terhadap seribu guru, aspek sosialisasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di era Nadiem masih kurang memuaskan. Sekitar 60 persen responden yang dimintai pendapat memberikan nilai di bawah tujuh, dari rentang 1-10.

“Bagaimana kebijakan Kemendikbud bisa sampai ke tingkat guru, kepala sekolah. Ini harus diselesaikan,” tegasnya.