Ini Salah Satu Hidangan Khas Lebaran, Berikut Deretan Manfaat dari Rebung

Kesehatan257 views

Inionline.id – Pada momen lebaran seperti sekarang, pada banyak keluaga, makanan ini juga mudah ditemui. Sayur rebung dengan kuah santan merupakan hidangan lezat yang menemani opor ayam serta berbagai hidangan lain.

Rebung merupakan salah satu sayur yang sangat mudah ditemui dalam berbagai olahan makanan di Indonesia. Sayuran ini biasanya bisa kita temui pada masakan sayur santan atau pada lumpia.

Rasa yang lezat dari rebung ini ternyata menyimpan sejumlah manfaat kesehatan yang tak dapat diremehkan. Dilansir dari Organic Facts, berikut sejumlah manfaat yang dapat diperoleh dari sayur rebung.

Rendah Gula

Jumlah gula yang ditemukan dalam rebung sekitar 2,5 gram per 100 gram. Jumlah tersebut lebih rendah daripada kadar gula yang ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran.

Sumber Protein

100 gram rebung memiliki sekitar 2 sampai 2,5 gram protein. Protein yang ditemukan dalam rebung terdiri dari tujuh belas asam amino esensial dan dua asam amino semi-esensial.

Kaya Vitamin dan Mineral

Rebung merupakan sayur yang kaya kandungan vitamin dan mineral. Rebung memiliki kandungan seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin E, thiamin, riboflavin, niasin, asam folat dan asam pantotenat.

Sejumlah mineral juga ditemukan ada di dalam rebung. Mineral ini meliputi kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, seng, tembaga, mangan, selenium dan zat besi.

Tinggi Serat

Rebung juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Jumlah serat makanan yang terkandung dalam rebung sekitar 6-8 gram per 100 gram.

Merangsang Nafsu Makan

makan

Rebung memiliki kandungan tinggi selulosa yang dapat merangsang nafsu makan. Rasa dan tekstur rebung juga membuatnya bisa menjadi makanan pembuka yang cocok.

Mengontrol Kolesterol

Penelitian yang dilakukan oleh Washington State University menunjukkan bahwa rebung memiliki efek menguntungkan pada kolesterol, lipid dan fungsi usus. Sejumlah manfaat ini menjadikannya makanan yang tepat untuk disantap dalam berbagai kondisi.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Rebung merupakan sayuran yang kaya dengan kandungan vitamin dan mineral. Kandungan dalam rebung tersebut dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menurunkan Tekanan Darah

darah

Rebung mengandung banyak kalium. Kalium dapat bertindak sebagai elektrolit dan juga sangat baik untuk menurunkan dan menjaga tekanan darah.

Sejumlah manfaat luar biasa tersebut bisa kamu peroleh dari konsumsi sayur rebung. Mengingat makanan ini biasanya mudah kamu temui saat lebaran, maka ini saatnya untuk memakannya dalam jumlah banyak-banyak.