by

Habib Bahar Kembali Ditahan, Lapas Gunung Sindur Diontrog Masa

Inionline.id – Penahanan kembali terpidana kasus penganiayaan dua remaja, Bahar bin Smith diamankan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Khusus Kelas llA Gunung Sindur, mendapat protes dari jamaah Habib Bahar, Selasa (19/5/2020).

Berdasarkan pantauan inionline.id, di lokasi sekitar pukul 13. 00 Wib, masa sempat bersitegang dengan petugas keamanan, hingga ahkirnya pintu gerbang lapas berhasil di dobrak masa, karena tuntutan mereka tidak bisa terpenuhi oleh pihak lapas.

Setelah masa berhasil masuk Wib, ke pos keamanan terpadu di Lapas Gunung Sindur Kecamatan Gunung Sindir Kabupaten Bogor, pihak keluarga istri dan ibu kandung Habib Bahar sempat masuk ke gedung utama lapas, namun tidak berhasil bertemu dengan Habib Bahar.

Terkait hal itu, Kuasa hukum Habib Bahar M Ichwan Tuankotta SH menuturkan pihaknya datang ke Lapas Gunung Sindur bertujuan hannya ingin memastikan kondisi kesehatan Habib Bahar.

Menurutnya, setelah penjemputan oleh petugas polisi dan petugas Bapas hingga saat ini pihaknya belum menerima penjelasan terkait penjemputan Habib Bahar di Pondok Pensantren kemarin.

“Kita tidak paham karena tidak diberi penjelasan oleh petugas Bapas, ketika penjemputan dengan 30 kompi, pihak Bapas tidak memberi penjelas, makanya kita tidak tahu dan alasan mereka membawa Habib Bahar Apa, “ungkapnya.

Ia mengatakan kedatangannya datang ke lapas Gunung Sindur berjutuan untuk klarifikasi terkait penjemputan Habib Bahar.

“Saya datang kesini dari jam enam pagi, setenbai meminta penjelasan, tapi sampai saat ini tidak boleh masuk bertemu dengan Habib Bahar, “terangnya.

Ichwan menambahkan, kita juga membawa obat-obatan dan makanan untuk Habib Bahar, supaya Habib Bahar bisa mengkonsumi obat, dan bisa sehat.

“Saya sudah sampaikan bahwa saya pengacara Habib Bahar. Namun pihak Lapas tidak menghiraukan apa yang sudah kita sampaikan. Padahal kita hanya ingin memastikan kondisi Habib Bahar, “katanya.

Lanjut Ichwan, ini kan ada dari pihak keluarga atau dari pengacara yang bisa ketemu dengan Habib Bahar, satu diantara kita masuk mewakili bertemu dengan Habib Bahar.

“Pihak keluarga atau pengacara yang bisa bertemu dengan Habib Bahar, memastikan bahwa Habib Bahar dengan keadaan sehat tidak ada intimidasi tidak ada tekanan terhadap beliau. Namun pihak lapas masi beralasan masih koordinasi dengan pimpinan, “imbuhnya.

Ichwan juga mengatakan pihaknya belum mengetahui pasti terkait penahanan Habib Bahar, karena belum bertemu dengan Habib Bahar dan pihak Pejabat yang berwenang dan juga belum ada pemberitahuan.

“Dugaannya ada pelanggaran yang dilakukan oleh Habib Bahar terhadap poin-poin kesepakatan dengan pihak Bapas terkait asimilasi. Disamping kita akan menulis surat untuk meminta penjelasan, dan kita akan melakukan upaya hukum, “pungkasnya.