Di Sumatera Utara 27 TKI Ilegal Diamankan

Inionline.id – Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjung Balai Asahan (TBA) Lantamal I, Koarmada I mengamankan 27 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal asal Malaysia di tepi Pantai Sungai Sembilang Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (2/5).

Komandan Lanal Tanjung Balai Asahan, Letkol Laut (P) Dafris Datuk Syahrudin menjelaskan readyviewed para TKI tersebut diamankan Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) TBA I-I-61 Lanal TBA yang tengah berpatroli di perairan laut Asahan.

“Setelah dilakukan pemeriksaan awal, ternyata 27 orang TKI tersebut ditelantarkan oleh kapal yang sebelumnya telah menyeberangkan mereka dari Malaysia,” kata Danlanal.

Dia menjelaskan ke-27 TKI ilegal itu terdiri dari 26 laki-laki dan 1 perempuan. Mereka selanjutnya dibawa ke Posmat Bagan Asahan dibantu oleh kapal nelayan setempat dengan dikawal oleh Patkamla TBA I-I-61 Lanal TBA.

“Setibanya di Posmat Bagan Asahan, ke-27 orang TKI ilegal ini diberlakukan prosedur tetap pemeriksaan Covid-19 oleh Satgas Covid-19 Lanal Tanjung Balai Asahan yakni pemeriksaan kesehatan, pengecekan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan termasuk barang bawaannya,” paparnya.

Sementara itu, Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Laksma TNI Abdul Rasyid mengatakan akhir pekan merupakan waktu yang biasa digunakan penyelundup untuk membawa TKI masuk Sumut melalui perairan Asahan.

“Menurunkan penumpang TKI ilegal asal Malaysia di pantai yang sulit dijangkau saat ini menjadi pilihan para penyelundup TKI guna menghindari tertangkapnya Patroli Perairan yang dilakukan kapal-kapal Patroli TNI AL,” sebutnya.

Pada saat Pandemi Covid-19, lanjutnya, patroli laut lebih ditingkatkan intensitasnya untuk mendeteksi kedatangan TKI ilegal yang berusaha masuk lewat laut.

“Ke-27 orang TKI ilegal yang tertangkap di Pantai Sungai Sembilang Kabupaten Asahan setelah dilaksanakan pemeriksaan dan pendataan oleh Tim Satgas Covid-19 Lanal TBA, selanjutnya diserahkan kepada Satgas Covid-19 Kota Tanjung Balai,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *