Polisi Diminta Selektif Jerat Pidana, Rutan Penuh Saat Corona

Inionline.id – Polri menyadari saat ini terjadi kepadatan jumlah tahanan di rumah tahanan milik kepolisian. Kapolri Jenderal Idham Azis memerintahkan para penyidik lebih selektif dalam menangani kasus-kasus pidana agar tidak terjadi kepadatan di Rutan Kepolisian.

“Sudah ada petunjuk dari Pak Kapolri bahwa jajaran kepolisian dalam melakukan penanganan tindak pidana ini sangat selektif,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Asep Adi Saputra di Mabes Polri, Kamis (2/4).

Ia menegaskan dalam prosesnya diharapkan agar penahanan terhadap para pelaku kejahatan dijadikan sebagai upaya terakhir dalam memproses suatu kasus. Asep mengatakan penyidik perlu mempertimbangkan banyak aspek sebelum mengambil langkah penahanan itu.

“Sehingga yang dikedepankan adalah proses hukum secara normatif tapi juga tetap mempertimbangkan sifat dari penanganan dan tindak pidana dengan situasi saat ini,” jelas dia.

Hal itu pun, kata Asep, lantaran saat ini pemerintah telah fokus untuk memutus rantai penyebaran virus corona (Covid-19) di Indonesia. Oleh sebab itu, penanganan perkara pidana secara selektif menjadi salah satu upaya Polri dalam menekankan Physical Distancing.

“Sehingga nanti Polri juga turut dapat membantu menekan lajunya penyebaran virus Covid-19,” kata Asep.

Sebelumnya, Kapolri telah mengeluarkan delapan kebijakan usai Presiden Joko Widodo menetapkan Keppres Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat dan PP Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Kapolri meminta agar aparat kepolisian tidak mengganggu kegiatan perekonomian dengan tetap memberikan kesempatan bagi setiap pihak untuk melakukan usaha dengan memperhatikan aturan kesehatan.

Ia pun memerintahkan agar polisi dapat melakukan deteksi dini rencana kegiatan di masyarakat sehingga dapat dicegah lebih awal. Hal itu dilakukan guna meminimalisasi pembubaran saat acara tengah berlangsung.

Selain hal itu juga, Kapolri meminta agar kepolisian dapat menjamin distribusi, ketersediaan dan juga stabilitas harga barang pokok, serta mengimbau masyarakat agar tidak melakukan kegiatan mudik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *