PAN akan Lakukan ‘Penyegaran’ Struktur Fraksi di DPR Usai Ganti Mulfachri

Politik257 views

Inionline.id – Wakil Ketua Umum sekaligus Juru Bicara PAN Viva Yoga Mauladi menegaskan bahwa pergantian Pimpinan Komisi III tidak kaitannya dengan kongres PAN di Kendari. Menurut dia, tidak ada istilah penggusuran atau pencopotan.

“Memang benar telah terjadi penggantian Alat Kelengkapan Dewan di Wakil Komisi III DPR RI, dari Mulfachri Harahap diganti oleh Pangeran Khaerul Saleh,” kata dia kepada wartawan, Senin (6/4).

“Tidak ada istilah penggusuran atau pencopotan. Yang benar adalah penggantian sebagai bagian dari mekanisme partai yang bersifat rutin dan biasa, tidak ada kaitannya dengan kongres PAN di Kendari,” lanjut dia.

Karena pasca kongres, semua komponen yang berkompetisi telah terakomodasi seluruhnya di kepengurusan DPP PAN. Baik di lembaga eksekutif partai, Majelis Penasehat, Badan Kehormatan, Mahkamah Partai, dan lembaga partai lain.

“Proses reunifikasi tengah berlangsung di PAN. Diharapkan akan menambah energi positif bagi soliditas kader dalam berjuang membangun eksistensi partai,” tegas dia.

Menurut dia, surat penggantian itu telah ditandatangani oleh ketua dan sekretaris Fraksi PAN DPR RI, Hanafi Rais dan Ahmad Yohan untuk diajukan ke pimpinan DPR. Dan telah disetujui oleh pimpinan DPR untuk penggantian wakil komisi III DPR RI dari Fraksi PAN DPR RI.

Dia mengatakan, DPP PAN akan melaksanakan penyegaran kepengurusan Fraksi PAN DPR RI dalam waktu dekat. Hal tersebut sesuai dengan keputusan Rapat Harian DPP PAN tanggal 2 April 2020.

“Tujuannya agar terjadi sinergi antara partai dan fraksi dalam upaya meningkatkan kualitas fraksi sebagai alat perjuangan partai di lembaga legislatif,” ujar dia.

“Di samping itu juga bertujuan agar manajemen fraksi dapat berjalan dengan baik dalam memperjuangkan kepentingan rakyat,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *