by

Mont-Saint Michel, Desa Indah yang Menjadi Inspirasi 2 Film Animasi Disney

Inionline.id – Masih ingat film animasi Disney yang berjudul Tangled? Iya, adaptasi dongeng Rapunzel si gadis ajaib berambut panjang itu. Mungkin Anda juga masih ingat istana megah di pinggir sungai yang muncul di film tersebut. Rupanya bangunan tersebut terinspirasi dari istana sungguhan yang ada di Prancis.

Inilah Mont-Saint Michel, pemukiman di atas tebing yang ada di Normandy, Prancis. Pemukiman dan kastel megah yang menjadi bangunan utamanya terletak di sebuah pulau kecil di muara sungai Couesnon, Normandy, pesisir utara Prancis.

Muncul di Tangled dan Little Mermaid

mont saint michel

Jika di Tangled istana yang terinspirasi Mont-Saint Michel adalah kediaman keluarga Rapunzel. Nah, istana ini juga muncul di animasi Little Mermaid. Kastel yang menaungi Mont-Saint Michel dijadikan model untuk istana kediaman Pangeran Eric, pria yang dicintai Ariel si putri duyung.

Kastel Megah di Tengah Perairan

mont saint michel

Mont-Saint Michel memang sebuah pemukiman yang menakjubkan, berupa pulau karang yang tampak mengapung di perairan. Kastel megah yang menjulang di atasnya berperan sebagai daya tarik utama. Luasnya sekitar 960 meter. Sementara ketinggiannya mencapai 92 meter dari permukaan laut.

Pulau Pasang yang Hanya Bisa Dicapai Saat Laut Surut

mont saint michel

Pemukiman Mont-Saint Michel terhubung dengan daratan melalui jalan berkelok. Jalan ini hanya terlihat mata telanjang jika air laut sedang surut. Itulah awal julukan Pulau Pasang yang disematkan kepada Mont-Saint Michel.

Biara dan Desa Nelayan di Satu Kompleks

mont saint michel

Meskipun terlihat seperti kompleks bangunan tunggal, sebenarnya pulau ini terdiri dari beberapa bangunan. Bangunan teratas difungsikan sebagai biara. Bagian bawah ditempati gudang dan tempat-tempat penyimpanan. Sementara bagian bawah yang berhimpitan dengan pantai merupakan pemukiman para nelayan.

Bekas Benteng Tangguh yang Sulit Ditaklukkan

mont saint michel

Dulunya Mont-Saint Michel adalah benteng yang tangguh. Selama Perang Seratus Tahun untuk memperebutkan tahta Kerajaan Prancis, Inggris telah melakukan serangkaian penyerangan ke Mont-Saint Michel. Namun Pulau Pasang ini adalah benteng yang sulit ditaklukkan.

Situs Warisan Dunia UNESCO

mont saint michel

Mont-Saint Michel merupakan peninggalan sejarah, budaya, dan arsitektur yang menakjubkan. Karena itu keberadaannya dijaga dengan baik. Sebagai bentuk upaya konservasi, Mont-Saint Michel dijadikan bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO. Karena keunikan tersebut, Mont-Saint Michel dikunjungi sekitar 3 juta wisatawan tiap tahunnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.