Mendag Mengklaim Hanya Bawang Merah dan Gula Pasir yang Mahal

Ekonomi157 views

Inionline.id – Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengklaim hanya harga bawang merah dan gula pasir yang masih tinggi di pasar tradisional. Sementara harga beberapa bahan pokok lain relatif stabil, bahkan beberapa sudah turun.

Hal ini diungkapnya usai meninjau langsung Pasar Induk Kramat Jati di Jakarta Timur pada Rabu (29/4). Menurut pantauannya, harga beras, minyak dan daging sapi relatif stabil dan stoknya cukup.

“Memang ada beberapa komoditas yang harganya mengalami kenaikan, seperti bawang merah dan gula pasir. Bawang merah ini karena panennya sedikit turun 10 persen sampai 20 persen, tapi sekarang petani sudah mulai panen,” kata Agus.

Namun, menurutnya, juga ada beberapa komoditas yang harganya sudah turun. Misalnya, daging ayam ras, bawang putih, cabai merah, cabai keriting, dan cabai rawit merah yang sebelumnya cukup tinggi.

Atas hal ini, ia mengatakan Kementerian Perdagangan akan melakukan berbagai upaya agar ketersediaan dan harga bahan pokok terus terjaga di pasar, baik tradisional maupun ritel moden. Langkah yang dilakukan adalah menguatkan koordinasi distribusi stok dengan pemerintah daerah.

Ia juga menginstruksikan produsen dan distributor agar tidak melakukan penjualan di atas Harga Eceran Tertinggi (HET). Misalnya, tidak menjual gula di atas HET senilai Rp12.500 per kilogram (kg).

Kemudian, memotong mata rantai distribusi dan optimalisasi penggunaan 26 trayek tol laut, sehingga bisa mengurangi disparitas harga di seluruh Indonesia. Selanjutnya, mempermudah regulasi ekspor dan impor untuk pemenuhan bahan pokok di dalam negeri.

“Khusus untuk gula memastikan bahwa penugasan telah diberikan terhadap produsen BUMN maupun swasta untuk mengolah gula rafinasi menjadi Gula Kristal Putih (GKP) dan segera mendistribusikan jualnya ke pasar dengan harga HET.” jelasnya.

Terakhir, meningkatkan pengawasan melalui Satgas Pangan dan pelaku usaha, serta meminta kelancaran distribusi dari pemerintah daerah. Khususnya di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 dan jelang lebaran.

Berdasarkan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS), rata-rata harga beras kualitas medium tetap di Rp12 ribu per kg pada hari ini. Begitu pula dengan harga minyak goreng curah Rp12.300 dan minyak kemasan Rp14.750 per kg.

Sementara harga bawang merah ukuran sedang naik Rp250 menjadi Rp45.800 per kg dan daging ayam ras naik Rp150 menjadi Rp28.500 per kg. Sedangkan harga bahan pangan lainnya turun.

Cabai merah besar turun Rp600 menjadi Rp33.650 per kg, cabai merah keriting turun Rp750 menjadi Rp31.350 per kg, cabai rawit merah turun Rp2.800 menjadi Rp39.500 per kg. Lalu, gula pasir lokal turun Rp100 menjadi Rp18.250 per kg.

Kemudian, daging sapi turun Rp200 menjadi Rp121.700 per kg, telur ayam turun Rp50 menjadi Rp25.400 per kg, dan bawang putih turun Rp150 menjadi Rp39.550 per kg.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *