Liga Belanda Akan Disetop Karena Imbas Corona

Inionline.id – Liga Belanda hampir dipastikan tak akan dilanjutkan musim ini. Hal itu disampaikan langsung oleh Federasi Sepakbola Belanda (KNVB).

Sebelumnya, Perdana Menteri Belanda Mark Rutte mengumumkan pada Selasa (21/4/2020) lalu bahwa seluruh event berskala besar, termasuk pertandingan olahraga akan dilarang hingga 1 September mendatang untuk mencegah kembali munculnya virus Corona.

Meski di liga-liga lain muncul opsi untuk bertanding tanpa penonton, pemerintah Belanda merasa hal tersebut kurang bijak dilakukan. Oleh sebab itu, KNVB tak punya pilihan lain kecuali menghentikan kompetisi.

“Sepakbola profesional tak bisa dimainkan, meski tanpa penonton, hingga 1 September mendatang. Oleh karena itu, KNVB memutuskan untuk tidak melanjutkan Liga Belanda 2019/20,” tulis pernyataan KNVB.

“Berdasarkan keputusan pemerintah hari ini (21/4), KNVB akan berkonsultasi dengan UEFA setelah keputusan ini diresmikan. Klub-klub dan pihak terkait lainnya akan mengadakan pertemuan untuk membahas konsekuensi lebih lanjut,” lanjut pernyataan tersebut.

Rapat pada Jumat (24/4) mendatang diperkirakan akan membahas sejumlah hal, di antaranya peresmian pembatalan kompetisi hingga penentuan apakah musim ini ada yang dinobatkan sebagai juara atau tidak.

Berdasarkan klasemen sementara hingga pekan ke-25, Ajax Amsterdam tengah memimpin dengan perolehan 56 poin, hanya unggul selisih gol dari peringkat kedua AZ Alkmaar yang memiliki jumlah poin yang sama.

Langkah yang diambil KNVB ini serupa dengan Liga Belgia yang sudah dibatalkan sejak awal April lalu. Saat itu, Club Brugge dinyatakan sebagai juara musim ini karena jumlah poin yang mereka raih terpaut jauh, yakni 15 poin dari Gent yang duduk di posisi kedua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *