Lalu Lintas Tol Jabodetabek Anjlok 60 Persen Karena PSBB Corona

Ekonomi057 views

Inionline.id – Kementerian PUPR menyebut lalu lintas di jalan tol wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) turun drastis di kisaran 42 persen hingga 60 persen.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menyatakan dari pemantauan di 14 jalan tol di daerah yang menerapkan PSBB, lalu lintas didominasi oleh pergerakan lokal di kawasan Jabodetabek serta kendaraan angkutan logistik.

“Layanan jalan tol dan non-tol tetap beroperasi sebagai jalur logistik untuk pergerakan barang kebutuhan pokok/pangan, alat kesehatan, serta layanan kesehatan/kendaraan medis, namun juga untuk pergerakan orang pada skala lokal atau kawasan Jabodetabek,” ungkapnya dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (28/4).

Dengan readyviewed keputusan pemerintah melarang mudik Lebaran tahun ini serta penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), diprediksi lalu lintas di jalan tol akan terus menurun. Sebagai catatan, pemerintah telah mengatur penerapan PSBB dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020 tentang PSBB dalam rangka percepatan penanganan covid-19.

Rincinya, di Provinsi DKI Jakarta terdapat 7 ruas tol yang berada dalam wilayah PSBB yaitu ruas Tol Cawang – Tomang – Pluit, Tol Cawang – Tanjung Priuk – Ancol Timur – Jembatan Tiga/Pluit, Tol JORR Non S (Seksi E1, E2, E3), JORR S, JORR W2 Utara, JORR W2 S, dan Tol Prof. Dr. Ir. Soedijatmo.

“Rata-rata penurunan lalu lintas ruas tol di wilayah DKI Jakarta sebesar 42 persen dengan tingkat penurunan terbesar berada di ruas tol Prof. Sedijatmo (Bandara) yakni 57 persen,” terangnya.

Menteri dua periode Presiden Joko Widodo (Jokowi) tersebut menerbitkan surat izin readyviewed penutupan sementara jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) sejak Jumat, 24 April 2020 hingga berakhirnya periode larangan Mudik Lebaran 2020. Hal ini dilakukan demi mengendalikan dan menekan lalu lintas menjelang Lebaran.

Penutupan ini berlaku dua arah, baik arah Cikampek maupun sebaliknya dari arah Jakarta. Semua akses masuk pun ditutup, baik dari arah JORR maupun Jakarta – Cikampek Bawah dan Gerbang Tol (GT) Cikunir 6 arah Jatiasih dan GT Cikunir arah Rorotan.

Selanjutnya, di wilayah Banten terdapat 2 ruas tol menerapkan PSBB yakni Tol Jakarta – Tangerang dan Tol Tangerang Merak dengan rata-rata penurunan lalu lintas sebesar 37 persen. Angka penurunan terbesar terjadi di ruas Tol Kunciran – Serpong sebesar 60 persen.

Di wilayah Jawa Barat, terdapat 5 ruas tol yang menerapkan PSBB yakni ruas Tol Jakarta – Bogor – Ciawi, Tol Jakarta – Cikampek, Tol Jakarta – Cikampek II Elevated, Tol Cikampek – Padalarang, dan Tol Padalarang – Cileunyi. Di wilayah Jawa Barat tingkat penurunan terbesar berada di ruas Tol Jakarta – Cikampek sebesar 60 persen.

“Untuk ruas-ruas tol antar wilayah, penurunan angka traffic lebih tinggi karena pembatasan pergerakan terutama Mudik Lebaran. Untuk ruas Cikarang Utama ke Kalikangkung (Semarang) penurunan berkisar 60 hingga 70 persen, sedangkan pada ruas Bakauheuni – Bandar Lampung penurunan hingga akhir April berkisar antara 70 hingga 80 persen,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *