by

Ini 5 Tips Membuat Kuah Sup Daging yang Tidak Terlalu Berminyak dan Berlemak

Inionline.id – Sup daging dengan kaldu ayam atau sapi memang sedap, nikmat disesap selagi masih hangat. Tapi kadang kaldu sup daging juga bisa bikin eneg, terutama jika terlalu berlemak. Minyak yang mengambang di permukaan kaldu juga bisa membuat rasa sup jadi kurang segar.

Lalu bagaimana cara membuat kuah sup daging yang tidak berlemak dan berminyak? Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan.

1. Gunakan Kaldu Beku

Buat kaldu beberapa hari sebelumnya atau gunakan kaldu cadangan yang telah dibekukan. Biasanya lemak akan terpisah dan berada di bagian paling atas berwarna putih. Buang bagian lemak dan minyak ini dari kaldu, lalu gunakan airnya saja.

2. Gunakan Daging yang Lemaknya Sedikit

Jika memungkinkan, gunakan daging yang memiliki sedikit lemak. Jika ada lemak yang menempel, buang dan gunakan dagingnya saja untuk kaldu yang bening dan tidak eneg.

3. Buang Minyak dan Lemak yang Mengapung

Sebelum diolah lebih lanjut menjadi sup, soto atau yang lainnya, dinginkan kaldu lebih dulu. Tunggu hingga lemak dan minyaknya mengapuk di atas, kemudian ambil dengan sendok sayur.

4. Jangan Menambahkan Minyak

Ketika menumis bumbu sup, jangan menambahkan minyak lagi. Gunakan minyak yang ada pada kuah dengan cara menyendok lemak secukupnya.

Tuang ke dalam wajan dan tunggu hingga airnya habis, setelah itu gunakan untuk menumis bumbu. Tak perlu menggunakan minyak lagi.

5. Saring Kaldu dengan Kain

Jika diperlukan, saring kaldu yang sudah dibuat dengan kain bersih. Lemak dan minyaknya akan tertahan di kain.

Demikian beberapa tips untuk membuat kaldu sup daging yang tidak berminyak dan berlemak.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.