by

Asus Merilis Jajaran Laptop Gaming ROG Berprosesor 10th Gen Intel Core

Inionline.id – Asus mengumumkan jajaran laptop gaming ROG terbaru yang menggunakan prosesor 10th Gen Intel Core H-series. Laptop gaming ROG terbaru kali ini juga ditenagai oleh chip grafis NVIDIA GeForce RTX SUPER, serta teknologi pendinginan baru.

Jajaran laptop gaming ROG terbaru terdiri dari Zephyrus Duo, laptop gaming pertama dengan ROG ScreenPad Plus, serta lini Zephyrus S, M, dan G yang portabel dan powerful.

Untuk gamer penggemar eSports, ROG Strix SCAR terbaru kini kembali hadir dengan dukungan chip grafis hingga GeForce RTX 2080 SUPER serta layar 300Hz. Selain itu, terdapat pula Strix G15 Electro Punk dengan tampilan baru.

Jajaran laptop gaming ROG terbaru ini menggunakan teknologi pendingin liquid metal, penggunaan RAM DD4 berkecepatan tinggi.

Hadir dengan konfigurasi hingga 8 core, prosesor 10th Gen Intel Core H-series, dirancang untuk beban kerja tinggi mulai dari bermain game hingga pembuatan konten.

Prosesor 10th Generation Intel Core H-series hadir dengan kecepatan pemrosesan terbaik, yaitu hingga 5,3GHz berkat teknologi Turbo Boost. Dipadukan dengan RAM DDR4 berkecepatan 3200MHz, jajaran laptop ROG terbaru diklaim memiliki performa lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Ilustrasi prosesor Intel generasi 10. [Antara/Dok Intel Indonesia]
Ilustrasi prosesor Intel generasi 10. [Antara/Dok Intel Indonesia]

Jajaran laptop gaming ROG terbaru kali ini juga ditenagai oleh chip grafis NVIDIA GeForce RTX 20-series, mulai dari RTX 2070 SUPER hingga RTX 2080 SUPER. Menggunakan arsitektur Turing terkini, chip grafis NVIDIA GeForce RTX 20-series telah mendukung beragam fitur serta teknologi grafis terkini dan memiliki performa yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

NVIDIA GeForce RTX 20-series juga memiliki RT core untuk pemrosesan real-time ray tracing, serta Tensor core yang mendukung pemrosesan berbasis kecerdasan buatan (AI). Chip grafis NVIDIA GeForce RTX 20-series, membuat jajaran laptop ROG terbaru memiliki performa grafis terbaik di kelasnya.

Berbagai fitur pun ditingkaikan dibandingka pendahulunya. Seluruh jajaran laptop gaming ROG terbaru kini menggunakan liquid metal sebagai pengganti thermal paste yang mampu menghantarkan panas lebih baik, sehingga sistem pendingin dapat bekerja lebih optimal.

Tim riset dan pengembangan ASUS ROG juga telah mengembangkan metode pengaplikasian liquid metal secara otomatis. Metode yang kini telah dipatenkan tersebut memungkinkan liquid metal dapat diaplikasikan secara langsung ketika laptop sedang dirakit secara otomatis.

Ditambah dengan dukungan komponen pendingin khusus lainnya, jajaran laptop ROG terbaru mampu hadir dengan performa pendinginan 10 persen lebih baik, dengan tingkat kebisingan lebih rendah.

Jajaran laptop ROG terbaru kini telah dilengkapi dengan modul dual-band WiFi 6 (802.11ax). Modul tersebut merupakan WiFi generasi terbaru dengan koneksi lebih kencang.

Tidak hanya itu, varian Zephyrus Duo dan Zephyrus M juga telah dilengkapi dengan Thunderbolt 3, yang memiliki kecepatan transfer data hingga 40Gbps melalui port USB Type-C.

Berikut jajaran laptop gaming ROG Asus:

1. ROG Zephyrus Duo 15

Asus kali ini menghadirkan teknologi ROG ScreenPad Plus ke lini ROG melalui Zephyrus Duo 15. Zephyrus Duo 15 merupakan laptop gaming pertama di dunia yang memiliki layar kedua berukuran14,1 inci.

ROG ScreenPad Plus merupakan fitur utama di Zephyrus Duo 15. Layar kedua tersebut mengadopsi teknologi layar sentuh dengan resolusi 4K (3840 x 1100 pixel), yang ditempatkan di antara keyboard dan layar utamanya yang berukuran 15,6 inci.

2. ROG Zephyrus Duo

Zephyrus Duo 15 sendiri masih tetap tampil dengan bodi yang sangat ringkas. Laptop ini ditenagai prosesor 10th Gen Intel Core i9 yang didukung chip grafis NVIDIA GeForce RTX 2080 SUPER.

Gamer yang ingin menikmati game ber-framerate tinggi dapat memilih varian yang menggunakan panel FHD dengan refresh rate 300Hz. Sementara varian dengan panel 4K UHD dan reproduksi warna Adobe RGB 100 persen tersedia untuk gamer sekaligus content creator.Fitur G-Sync juga dapat dimatikan untuk menghemat baterai.

3. ROG Zephyrus S17

Zephyrus S17 kembali hadir untuk gamer yang menginginkan laptop gaming ultra ringkas namun memiliki performa yang powerful. Mengadopsi layar besar berukuran 17,3 inci dan bodi dengan ketebalan hanya 18,7 milimeter, Zephyrus S17 tetap hadir dengan spesifikasi kelas atas dan ditenagai oleh prosesor 10th Generation Intel Core i7 yang didukung chip grafis NVIDIA GeForce RTX 2080 SUPER.

Untuk mendinginkan komponen premium tersebut, Zephyrus S17 menggunakan teknologi Active Aerodynamic System (AAS).Terdapat pula fitur NVIDIA G-Sync yang didukung ROG GPU Switch, serta NumberPad untuk memudahkan pengguna yang sering memanfaatkan numpad.

Kesimpulannya, Zephyrus S17 membuktikan bahwa laptop gaming berlayar besar tidak selalu harus besar tetapi juga dapat tampil tipis serta portabel.

4. ROG Zephyrus S15 dan Zephyrus M15

Berbeda dengan Zephyrus S17, Zephyrus S15 dan M15 mengadopsi desain konvensional dengan posisi keyboard bukan menepi ke bawah tetapi tetap seperti laptop pada umumnya, untuk pengguna yang sering menggunakan laptopnya di atas pangkuan.

Secara spesifikasi, Zephyrus S15 mirip dengan Zephyrus S17. Laptop gaming ROG terbaru ini tetap hadir dengan prosesor 10th Generation Intel Core i7 yang didukung chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 2080 SUPER.

Layarnya telah mendukung fitur G-Sync dengan refresh rate hingga 300Hz dan response time 3ms, serta memiliki slot ekstra untuk M.2 SSD yang mendukung konfigurasi RAID-0. Zephyrus S15 merupakan laptop gaming ultraportable terbaik.

Zephyrus S15 juga mengandalkan teknologi AAS untuk pendinginannya.

Sementara Zephyrus M15 merupakan laptop gaming ultraportable berperforma tinggi namun dengan harga yang lebih terjangkau. Disebut sebagai “sweet spot” untuk price vs performance, Zephyrus M15 hadir dengan beragam varian konfigurasi mulai dari penggunaan panel hingga 240Hz serta adopsi chip grafis NVIDIA GeForce mulai dari GTX 1660Ti hingga RTX 2070.

Sementara untuk prosesornya, Zephyrus M15 mengandalkan 10th Gen Intel® Core™ i7.Zephyrus M15 berbeda dengan Zephyrus S15, dimana laptop ini tidak mengadopsi teknologi AAS untuk sistem pendinginnya namun tetap hadir dengan sistem pendingin khusus yang memanfaatkan dua kipas.

5. ROG Strix SCAR 15/17

Seperti pendahulunya, Strix SCAR 15/17 hadir untuk para gamer eSport yang haus akan performa. Dibekali layar IPS-level dengan refresh rate hingga 300Hz, Strix SCAR 15/17 merupakan laptop terbaik para gamer eSport yang menginginkan tampilan game dengan framerate tertinggi.

Ditenagai prosesor hingga 10th Gen Intel Core i9-10980-HK, chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 2080 SUPER, dan RAM DDR4 3200MHz, ROG Strix SCAR 15/17 tidak hanya mampu melibas semua game PC yang ada saat ini tetapi juga dapat digunakan sebagai mesin multitasking.

Strix SCAR 15/17 merupakan laptop kelas turnamen eSport professional yang fokus ke performa.

6. ROG Strix G15/17

Asus Strix G15/17 merupakan laptop gaming ROG terjangkau yang hadir tanpa mengorbankan fitur terbaik yang ada di setiap laptop gaming ROG.Strix G15/17 ditenagai oleh prosesor hingga 10th Gen Intel Core i7 dan chip grafis hingga NVIDIA GeForce RTX 2070 SUPER.

Kombinasi keduanya memastikan laptop gaming ini dapat menjalankan semua game eSport terkini dengan framerate yang sangat tinggi berkat dukungan layar hingga 240Hz.

Desain selanjutnya adalah Electro Punk yang hanya hadir untuk Strix G15. Desain eksklusif tersebut menggabungkan tampilan metal dengan warna pink yang sejalur dengan tema electro punk.

Asus Strix G15 Electro Punk. [Asus Indonesia]
Asus Strix G15 Electro Punk. [Asus Indonesia]

Khusus untuk Strix G15 Electro Punk, ASUS menyediakan paket penjualan yang terdiri dari unit Strix G15 Electro Punk bersama dengan desk mat berukuran 35 x 17-inci, ROG Impact II mouse, ROG Strix Core Electro Punk Headset, serta ROG Backpack Special Edition. Paket penjualan tersebut hanya tersedia di beberapa wilayah saja.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.