7 Aspek yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Beli Monitor Gaming

Iptek157 views

Inionline.id – Para gamer pasti punya beberapa hal yang harus dipenuhi agar pengalaman main gim jadi maksimal dan makin menyenangkan.

Selain performa yang kaitannya dengan jenis prosesor, kartu grafik, RAM, dan penyimpanan, ada satu hal yang tidak kalah penting untuk dicermati seorang gamer,: monitor. Dalam hal ini monitor gaming.

Gaming monitor bukan hanya penting bagi pengguna PC, tetapi juga bagi bagi pengguna konsol (PlayStation atau Xbox) sebagai perangkat output visual.

Walau ada sedikit unsur subjektivitas seperti merek dan desain, ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan dalam memilih gaming monitor ideal.

Agar tidak salah memilih, ada beberapa istilah penting yang perlu dijadikan pertimbangan sebelum membeli monitor gaming, Berikut ulasannya.

1. Resolusi

Resolusi merupakan salah pertimbangan utama ketika gamer hendak membeli gaming monitor. Saat ini, mayoritas monitor yang beredar di pasar memiliki dukungan resolusi Full HD / 1080p, 2K / Quad HD / 1440p, serta 4K / Ultra HD / 2160p.

Layar resolusi 1080p, walau masih dominan, perlahan mulai ditinggalkan gamer karena tidak lagi memenuhi ekspektasi mereka dalam ketajaman dan kualitas visual gambar.

Akibatnya, sebagian besar gamer setuju bahwa tampilan dengan resolusi 1440p menjadi standar baru dalam gaming monitor. Terlebih lagi, monitor yang mendukung resolusi 1440p masih lebih terjangkau daripada monitor 4K.

2. Refresh Rate

Refresh Rate atau kecepatan refresh, adalah kemampuan monitor memperbarui (refresh) tampilan gambar setiap detiknya di layar. Diukur dalam satuan Hertz (Hz), semakin tinggi nilainya, semakin banyak jumlah sinyal gambar yang diperbarui.

Oleh karena itu, monitor dengan refresh rate tinggi berguna saat menjalankan game yang sangat dinamis atau bergerak cepat, seperti FPS (First-person shooter), bertarung (fighting), balapan (racing games), RTS (real-time strategy), dan olahraga (sports).

Perhatikan juga dukungan monitor dengan GPU di PC/laptop. Apabila GPU mampu menghasilkan frame rate tinggi, monitor pun harus dapat mengimbanginya dengan refresh rate tinggi, begitu pula sebaliknya.

3. Response time

Response time adalah waktu yang dibutuhkan pixel (piksel) di monitor untuk beralih dari satu warna ke warna lain (hitam menjadi putih atau dari abu-abu ke warna lain).

Biasanya diukur dalam satuan milidetik untuk menunjukkan seberapa cepat gambar bergerak.

Dalam layar monitor modern, response time 1 ms biasanya ada pada layar monitor berpanel TN dan 4 ms pada panel IPS.

Untuk genre game yang pergantian gambarnya sangat cepat (FPS, racing games, dll), Anda harus memprioritaskan layar monitor dengan response time 1 ms agar terhindar dari efek screen tearing (tampilan layar solah robek atau terbelah dua) dan frame rate yang fluktuatif.

4. Adaptive Sync

Teknologi ini berperan dalam mengurangi efek screen tearing di dalam game. Saat ini ada dua teknologi adaptive sync: Nvidia G-Sync dan AMD FreeSync.

Adapun monitor dengan teknologi Nvidia G-Sync memiliki harga cukup tinggi, sedangkan monitor dengan AMD FreeSync lebih terjangkau.

5. Jenis Panel

Ada tiga jenis panel yang biasa digunakan di layar gaming monitor saat ini, yakni panel TN (Twisted Nematic), IPS (In-Plane Switching), dan VA (Vertical Alignment).

Berikut penjelasannya:

  • Panel TN datang dengan dukungan refresh rate tertinggi dan response time rendah.
  • Panel VA diposisikan sebagai panel dengan fitur di antara panel IPS dan TN.
  • Panel IPS menawarkan reproduksi warna dan viewing angle yang lebih baik, tapi response time-nya masih di bawah panel TN.

6. Color Gamut

Color gamut merupakan rentang jangkauan warna yang terlihat mata. Semakin tinggi color gamut, reproduksi warna akan jauh lebih baik. Maka, visual gambar dan detail elemen grafis terlihat jauh lebih baik.

Standar color gamut populer adalah sRGB, AdobeRG, BNTSC. Setiap gaming monitor yang mendukung color gamut 100 persen pada satu atau lebih skala ini pasti menghadirkan reproduksi warna luar biasa.

7. Dukungan Konektor

Ada beberapa port atau konektor yang digunakan pada monitor saat ini:

  • HDMI (High-Definition Multimedia Interface)
  • DisplayPort
  • DVI
  • VGA
  • USB Type C

Mengacu pada beberapa pertimbangan di atas, MSI sebagai salah satu pabrikan yang memiliki produk gaming monitor masih berfokus pada monitor dengan resolusi yang mengkompromikan kinerja tinggi dan visual menarik, yaitu resolusi 1440p atau WQHD.

Semua gaming monitor MSI WQHD dilengkapi dengan fitur premium yang meningkatkan gameplay dan pengalaman bermain game.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *