15 Tahanan Rutan Polda Sulsel Melarikan Diri

Inionline.id – Kepala Bidang Humas Polda Sulawesi Selatan, Kombes Pol Ibrahim Tompo membenarkan terdapat 15 tahanan kabur dari sel di Rumah Tahanan (Rutan) Mapolda Sulsel. Diketahui, 15 orang tersebut merupakan tahanan dalam kasus narkoba.

“Benar, 15 orang, 1 sudah tertangkap kembali,” kata Tompo saat dikonfirmasi, Rabu (1/4).

Tompo menerangkan, para tahanan itu berhasil kabur dari selnya pada Minggu (29/3), sekitar pukul 04.40 WITA. Para tahanan itu berhasil melarikan diri usai merusak ventilasi yang berada di lantai 3 ruang tahanan tersebut.

Menurut dia, terdapat prosedur standar yang dilanggar oleh penjaga sel saat itu. Kendati demikian, Ia tidak menerangkan secara rinci mengenai prosedur yang dimaksudkan itu.

Oleh sebab itu, Tompo pun mengatakan bahwa peristiwa kaburnya 15 tahanan tersebut akan menjadi bahan evaluasi bagi pihak kepolisian dalam pengamanan tahanan.

“Ada kelalaian anggota. Itu nanti akan dievaluasi,” kata dia.

Tompo menerangkan dalam pelariannya itu para tahanan sedang menjalani proses pemberkasan untuk nantinya dikirim ke kejaksaan sebelum disidangkan.

Para tahanan itu, disebutkan berasal dari kasus narkoba yang berbeda-beda, sehingga Ia pun memastikan bahwa mereka tidak berasal dari satu jaringan yang sama.

Kendati demikian, Tompo belum dapat mengungkap identitas para tahanan yang berhasil melarikan diri itu. Ia pun mengatakan bahwa kepolisian masih melakukan pencarian secara internal sehingga belum memasukkan para tahanan tersebut ke daftar pencarian orang (DPO).

Ia pun meminta agar para tahanan dapat menyerahkan diri ke pihak kepolisian.

“Dan juga keluarganya untuk menginformasikan keberadaan para tersangka tersebut,” ujar Tompo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *