by

Sony Menjelaskan Beberapa Keunggulan PS5

Inionline.id – Setelah lama bungkam suara, Sony akhirnya mengungkap beberapa kemampuan dan fitur yang dimiliki konsol teranyarnya, yaitu PlayStation 5 atau PS5.

Dalam sebuah presentasi video bertajuk The Road to PS5, Mark Cerny selaku arsitek konsol tersebut menjelaskan beberapa keunggulan PS5, yaitu sebagai berikut:

Bisa mainkan game PS4

Cerny dengan bangga menyebut bahwa konsol racikannya kompatibel dengan kurang lebih 100 judul game di PS4.

“Kami baru-baru ini melihat 100 judul PlayStation 4 teratas sebagai peringkat berdasarkan waktu bermain, dan kami berharap hampir semuanya dapat dimainkan saat diluncurkan di PlayStation 5,” terang Cerny, seperti dikutip dari Techspot, Kamis (19/3/2020).

Mirip Xbox Series X

Berdasarkan pemaparan Cerny, spesifikasi PS5 rupanya tidak jauh berbeda dengan yang dimiliki rival mereka, yaitu Xbox Series X.

 

Hal ini bisa dilihat dari kesamaan penggunaan prosesor dan GPU custom dari AMD yang menggunakan arsitektur Zen 2 dan RDNA 2. Pun begitu dengan CPU-nya yang sama-sama memiliki 8 core dan GPU-nya memiliki kemampuan komputasi hingga 10.28 TFLOPS.

Selain itu, PS5 juga dilengkapi RAM 16 GB serta SSD 825 GB yang bisa diekspansi lagi dengan SSD jenis NVMe.

SSD punya peran penting

Dalam presentasinya, Cerny terlihat membanggakan kemampuan SSD dari PS5. Berdasarkan input dari para developer game, Sony terus mengembangkan teknologi SSD dengan bandwidth lebar dan kecepatan baca-tulis tinggi.

Bahkan, Sony mengklaim SSD mereka mampu membaca data sebesar 2 GB dalam waktu 0,27 detik saja. Imbasnya, mereka berani menyebut bahwa PS5 nyaris tidak memiliki waktu loading data. Ngebut, bukan?

Kapan PS5 meluncur?

Sayang dalam presentasi itu Cerny tidak membeberkan kapan PS5 akan meluncur. Tetapi sejumlah rumor mengatakan bahwa PS5 akan muncul di pasar jelang liburan akhir tahun ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.