Serukan Peran Ayah Dalam Keluarga, Iwan Suryawan Yakin Tekan Angka Kasus Sosial Di Kota Bogor

Pendidikan157 views

Bogor, Inionline.Id – Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa barat, Iwan Suryawan menjadi pembicara utama dalam seminar parenting Ibu Salimah Terpadu (Sister) pada Minggu (01/03/2020). Berlokasi di Gedung Tholabul Ilmi, Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Bogor utara, Kota Bogor, materi yang disampaikan Iwan Suryawan lebih condong kepada meningkatkan peran ayah dalam mengasuh atau mendidik anak.

“Mungkin, masih banyak kasus-kasus kekerasan pada anak, bahkan beberapa hari yang lalu di Tasikmalaya ada kasus pembunuhan ayah terhadap anak kandungnya sendiri yang jasad anak tersebut ditemukan di gorong-gorong sekolahnya, ini menjadi perhatian kita semua,” ujar Iwan.

Selain itu kasus-kasus LGBT yang berkembang di masyarakat khususnya di Kota Bogor dari beberapa kejadian yang diteliti oleh Iwan juga berakar dari tidak adanya peran ayah dalam keluarga.

“Titik tekannya pada pertemuan ini adalah bagaimana peran ayah dapat membangun karakter anak menjadi baik,” kata Iwan.

Politisi PKS ini menambahkan bahwa kunci dalam mendidik anak adalah tanggung jawab orang tua yaitu ibu dan ayah, keduanya harus bekerjasama tidak bisa salah satu saja.

“Melihat pengaruh negatif di dunia luar yang begitu banyak juga, pertarungan anak ini menjadi penting dikuatkan dari rumahnya, sehingga ketika masuk ke dunia luar, anak ini bisa menjawab tantangan di luar, jika itu bisa maka si anak ini bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk, mana yang harus dia terima, mana yang harus tidak dilakukan,” tutur Iwan.

Dengan peran orang tua seperti ini, Iwan meyakini bahwa anak-anak tidak akan tawuran atau pun terlibat kasus-kasus sosial yang saat ini marak terjadi di masyarakat.

Hendrik Wijaya warga Rusunawa Cibuluh, Kota Bogor yang hadir pada acara ini menyatakan pemateri serta acara yang digelar sudah cukup baik karena mampu menambah wawasan serta ilmu bagaimana menjadi seorang ayah yang baik.

“Saya berharap lain hari waktunya bisa ditambah, karena masih sebentar barusan ini,” tutup Hendrik. (JC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *