by

Di Masa COVID-19 Ini Jangan Menunda Memberikan Vaksin pada Anak

Inionline.id – Pemberian vaksin merupakan hal yang penting dilakukan terhadap anak. Namun pada kondisi persebaran infeksi virus corona atau COVID-19 banyak orangtua ragu-ragu untuk melakukan vaksin pada anak mereka di saat ini.

Ternyata, jadwal imunisasi anak di tengah merebaknya Covid-19 boleh saja tetap berjalan, asalkan ada pengaturan atau skrining yang lebih baik.

Petugas posyandu dan puskesmas harus memastikan ruangan untuk imunisasi bersih dan aliran udara baik.

“Bisa kok dilakukan seperti jadwal imunisasi biasanya. Hanya saat ini harus ada skrining dulu,” ujar konsultan infeksi dan penyakit tropis anak, Anggraini Alam.

Bagi anak yang akan diimunisasi di puskesmas, petugas kesehatan juga perlu memisahkan antara anak yang sehat dan sakit. Dalam hal ini, dahulukan anak yang sehat untuk imunisasi.

“Jadi, pas menerima pasien, ‘Oh ini bayi yang sehat’ ya dahulukan segera untuk imunisasi. Intinya, jangan sampai menunda jadwal imunisasi,” lanjut Anggraini.

Ruang Terbuka

Saat imunisasi, petugas kesehatan dapat melakukannya di ruang terbuka, seperti halaman posyandu atau puskesmas. Ini karena udara lebih bebas mengalir ketimbang di dalam ruangan.

“Kalau di halaman, aliran udara mengalir bebas. Selain itu, kita kembali tetap menjaga jarak antara 1 sampai 2 meter (untuk antrean) yang aman,” ujar Anggraini yang berpraktik di RS Hasan Sadikin Bandung, Jawa Barat.

Pertimbangan melakukan imunisasi di ruang terbuka juga alami udara. Adanya di ruang terbuka dapat membunuh kepadatan virus.

“Kecil kemungkinan terjadi penularan virus Corona pada anak,” tandas Anggraini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.