Belajar Kisi-Kisi UN 2020 Mapel Matematika Jurusan IPS

Pendidikan157 views

KOMPAS.com – Tinggal seminggu lagi, tepatnya 30 Maret 2020 siswa kelas XII SMA/sederajat bakal mengikuti Ujian Nasional (UN) 2020. Jadi jangan lupa untuk belajar dengan rajin.

Meski di tengah penyebaran virus corona di Indonesia, namun siswa kelas XII SMA tetap harus belajar agar UN nanti bisa sukses.

Jadi, ada baiknya kamu belajar sesuai kisi-kisi UN Tahun Pelajaran 2019/2020 yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan ( BSNP).

Berikut kisi-kisi UN 2020 untuk SMA/sederajat, khusus mata pelajaran (mapel) Matematika jurusan IPS:

1. Level kognitif

Pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman, siswa harus mengidentifikasi, membandingkan, menentukan, menghitung, mengklasifikasi, menjelaskan.

Lingkup materi

a. Aljabar: siswa memiliki kemampuan memahami konsep pada topik; fungsi, komposisi fungsi, fungsi invers, dan grafik fungsi, fungsi kuadrat, sistem persamaan dan sistem pertidaksamaan linear, program linear, matriks, barisan dan deret (aritmetika dan geometri), pertidaksamaan rasional satu variabel.

b. Kalkulus: siswa memiliki kemampuan memahami konsep pada topik; limit fungsi aljabar, turunan fungsi aljabar, integral tak tentu fungsi aljabar.

c. Geometri dan Trigonometri: siswa memiliki kemampuan memahami konsep pada topik; perbandingan trigonometri, fungsi trigonometri dan grafiknya, jarak dari titik ke titik, garis, dan bidang.

d. Statistika dan Peluang: siswa memiliki kemampuan memahami konsep dasar pada topik; penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik, ukuran pemusatan dan penyebaran data, kaidah pencacahan, peluang suatu kejadian.

2. Level aplikasi

Pada level kognitif aplikasi, siswa harus menentukan, menghitung, memodelkan, menyelesaikan masalah.

Lingkup materi

a. Aljabar: siswa memiliki kemampuan mengaplikasikan konsep aljabar pada topik; fungsi, komposisi fungsi, fungsi invers, dan grafik fungsi, fungsi kuadrat, sistem persamaan dan sistem pertidaksamaan linear, program linear, matriks, barisan dan deret aritmetika dan geometri, pertidaksamaan rasional satu variabel.

b. Kalkulus: siswa memiliki kemampuan mengaplikasikan konsep kalkulus pada topik; limit fungsi aljabar, turunan fungsi aljabar, integral tak tentu fungsi aljabar.

c. Geometri dan Trigonometri: siswa memiliki kemampuan mengaplikasikan konsep geometri dan trigonometri pada topik; perbandingan trigonometri, fungsi trigonometri dan grafiknya, jarak dari titik ke titik, garis, dan bidang.

d. Statistika dan Peluang: siswa memiliki kemampuan mengaplikasikan konsep statistik dan peluang pada topik; penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik, ukuran pemusatan dan penyebaran data, kaidah pencacahan, peluang suatu kejadian.

Level penalaran

Pada level kognitif penalaran, siswa harus menganalisis, menyimpulkan, menginterprestasi, memprediksi, mensintesis.

Lingkup materi

a. Aljabar: siswa memiliki kemampuan bernalar pada topik; fungsi, komposisi fungsi, fungsi invers, dan grafik fungsi, fungsi kuadrat, sistem persamaan dan sistem pertidaksamaan linear, program linear, matriks, barisan dan deret (aritmetika dan geometri), pertidaksamaan rasional satu variabel.

b. Kalkulus: siswa memiliki kemampuan bernalar pada topik; limit fungsi aljabar, turunan fungsi aljabar, integral tak tentu fungsi aljabar.

c. Geometri dan Trigonometri: siswa memiliki kemampuan bernalar pada topik; perbandingan trigonometri, fungsi trigonometri dan grafiknya, jarak dari titik ke titik, garis, dan bidang.

d. Statistika dan Peluang: siswa memiliki kemampuan bernalar pada topik; penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik, ukuran pemusatan dan penyebaran data, kaidah pencacahan, peluang suatu kejadian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *