Akan Lebih Mudah Menata Kota, Kalau Penduduk Tinggal Di Apartemen

Inionline.id – Beberapa kalangan menyebut perkembangan Jakarta hingga menjadi seperti ini merupakan salah satu kegagalan kota. Bukannya lebih baik, ada banyak faktor yang akhirnya membuat kegagalan ini malah diadopsi oleh wilayah lainnya dan itu yang membentuk wajah megapolitan Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi (Jabodetabek) menjadi seperti saat ini.

Karena itu untuk perkotaan mau tak mau pengembangan vertikal harus lebih diutamakan untuk memaksimalkan fungsi lahannya yang semakin terbatas, salah satunya pengembangan hunian vertikal atau apartemen untuk tempat tinggal warganya. Jadi perkembangan apartemen di perkotaan bukan semata-mata mengikuti tren tapi memang perkembangan alamiah sebuah perkotaan seiring lahan yang kian terbatas.

Menurut Lilia Sukotjo, Direktur Marketing Alam Sutera, sebuah township di wilayah Serpong, Tangerang Selatan, Banten, perkembangan kota-kota yang semakin padat secara alamiahnya akan menjurus kepada kota jasa. “Kita bisa lihat tren perkotaan seperti itu baik di New York, Los Angeles, San Franciso, Paris, dan begitupun di Jakarta,” katanya.

Konsep seperti ini juga bisa dilihat dari rencana pengembangan kota yang dibuat oleh pemerintah. Sejak tahun 1991 sudah ada rancangan Jakarta Metropolitan Development Plan and Review dan salah satunya dengan pengembangan jalan tol lingkar luar (JORR) untuk menghubungkan seluruh kawasannya. Jadi fungsi jasa akan dipusatkan di Jakarta sementara kepentingan lain bergerak ke pinggirannya.

“Dengan konsep penataan seperti ini menata pusat kota seharusnya menjadi lebih mudah baik infrastruktur, zoning (pembagian kawasan), dan lainnya. Akan lebih sulit kalau mengatur perkembangan secara horizontal development. Tapi mungkin karena otonomi dan lainnya wilayah Jabodetabek perkembangannya jadi seperti ini ditambah perkembangan infrastuktur kota tidak secepat perkembangan bisnis dan manusianya maka jadilah seperti sekarang,” ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *