by

Ada 8 Hal yang Tanpa Kamu Sadari Menjadi Tanda Adanya Stres dan Cara Mengatasinya

Inionline.id – Stres yang terjadi pada diri seseorang bisa muncul karena berbagai penyebab. Pada beberapa orang kehadiran stres di diri mereka ini bahkan kadang tidak disadari.

Walau tidak menyadari bahwa diri sedang stres, terdapat beberapa hal yang bisa menjadi tanda masalah ini. Tanda yang muncul ini biasanya bakal terasa atau terlihat secara fisik.

Hal ini bisa berupa sakit kepala atau meningkatnya berat badan secara drastis. Masalah gatal-gatal bahkan juga bisa disebabkan oleh stres.

Untuk mengatasi tanda stres ini, kamu bisa menerapkan sejumlah cara yang mudah dilakukan. Dilansir dari Reader Digest, berikut sejumlah tanda adanya stres pada dirimu dan cara mengatasinya.

Perubahan Berat Badan

“Stres memicu lepasnya hormon kortisol yang mengubah caramu dalam memetabolisme lemak, protein, dan karbohidrat, sehingga berujung bertambah atau berkurangnya lemak,” terang Dr. Shanna Levine, dokter dari Mount Sinais Icahn School of Medicine di New York.

Stres juga bisa menyebabkan kamu kurang makan atau malah berlebihan.

Cara Mengatasinya: Konsumsi kacang-kacangan. Protein yang ada di dalamnya bisa membantu ketika kamu kurang makan, kandungan serat didalamnya juga bisa membuatmu menjadi lebih kenyang.

Sulit Konsentrasi

Terlalu banyaknya kortisol di dalam dirimu bisa membuatmu sulit konsentrasi. Hal ini bisa menyebabkan masalah ingatan, kecemasan, serta depresi.

Cara Mengatasinya: Coba untuk santai hingga kamu bisa fokus kembali. Coba tutup mata dan hanya berkonsentrasi untuk bernapas.

Gatal-Gatal

Ketika tubuhmu mengalami stres, akan dilepaskan kandungan kimia bernama histamin yang bisa membuatmu gatal-gatal. Selain itu, ketika sistem kekebalan tubuhmu melemah karena rasa cemas, kulitmu bisa mengalami iritasi sebagai dampak dari berbagai hal sensitif seperti panas, losion, atau deterjen.

Cara Mengatasinya: Tempatkan handuk dingin dan basah pada bagian yang gatal. Jika hal ini tidak berdampak, konsumsi antihistamin.

Sakit Kepala

Ketika kamu berada dalam tekanan, bisa terjadi ketegangan di otot sehingga menyebabkan sakit kepala. Stres yang terjadi bisa membuat dirimu yang rentan mengalami stres menjadi lebih memburuk.

Cara Mengatasinya: Jika kamu tak mau mengonsumsi ibuprofen, coba hirup minyak esensial lavender atau minyak peppermint. Hal ini bisa membuatmu lebih santai dan sakit kepala sirna.

Sakit Mag

Stres bisa menyebabkan tubuh memproduksi asam lambung lebih banyak sehingga berdampak munculnya sesak di dada.

“Hal ini juga bisa memperlambat pengosongan makan dari perut, penyebab perut kembung dan munculnya gas serta mungkin meningkatkan jumlah kontraksi usus, berujung pada kram dan diare,” terang Dr. Deborah Rhodes dari Mayo Clinic

Cara Mengatasinya: Konsumsi antasid atau bisa juga dengan teh jahe.

Rambut Rontok

Stres mungkin menyebabkan folikel rambut pada fase beristirahat dan menyebabkannya rontok beberapa bulan kemudian. Hal ini juga bisa meyebabkan sistem kekebalam tubuh untuk menyerang folikel rambut.

Cara mengatasinya: Bersabarlah. Ketika tingkat stresmu kembali normal, rambutmu akan kembali tumbuh.

Demam

Ketika stres menekan sistem kekebalan tubuh, maka kamu akan lebih rentan terserang stres. Berdasar penelitian di Carnegie Mellon University,diketahui berdasar survei bahwa mereka yang memiliki banyak stres memiliki risiko sakit hingga dua kali lipat dibanding yang hanya memiliki sedikit masalah.

Cara Mengatasinya: Penelitian menyebut bahwa suplemen zinc atau permen pereda tenggorokan bisa mempersingkat demam hingga sehari ketika dikonsumsi pada 24 jam setelah merasa sakit. Olahraga rutin yang tak terlalu berat serta tidur cukup bisa memberi peningkatan pada sistem kekebalan tubuh.

Jerawat

Kortisol merupakan peyebabnya dari masalah ini karena kelenjar kulit menghasilkan lebih banyak air. Bersama kotoran dan sel kulit mati, minyak juga bisa terperangkap di dalam folikel rambut sehingga menyebabkan terjadinya jerawat.

Cara Mengatasinya: Krim topikal mengandung benzoyl peroksida bisa mencegah pori-pori kulit terbuka dan bisa menghilangkan jerawat jika digunakan secara rutin. Langkah alami yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencuci wajah dengan teh hijau atau mengoleskan aloe vera.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.