globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa barat (M Ichsan) saat berdiskusi dengan perwakilan PT Citra Karya Jabar Tol, Rabu (05/02/2020).

PT Citra Karya Jabar Tol Minta Tolong Komisi IV DPRD Jabar Lobby Masyarakat Untuk Bebaskan Lahan Tol Cisumdawu

Bandung, Inionline.Id – Komisi IV DPRD Provinsi Jawa barat melakukan kunjungan kerja ke area pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Section 1 yang berada di Cileunyi, Kabupaten Bandung, pada Rabu (05/02/2020).

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa barat, M Ichsan menjelaskan bahwa tujuan utama Komisi IV datang meninjau proyek tersebut adalah untuk memastikan sampai sejauh mana progres pembangunan Tol sepanjang 152 Kilometer tersebut.

“Setelah kami lihat gambar projectnya, total akan ada 4 section dalam pembangunan tol Cisumdawu ini, ternyata masalah pembebasan lahan utamanya di section 1 dan 2 dari Cileunyi sampai Cilamaya masih belum selesai,” ujar Ichsan.

Selanjutnya Ichsan menegaskan kepada PT Citra Karya Jabar Tol, kapan jalan bebas hambatan ini bisa rampung dibuat karena memang proyek ini sudah lama sekali. pihak pengelola jalan tol pun menargetkan akhir tahun 2021 tol ini sudah rampung dibuat sebanyak 4 section.

Lalu, PT Citra Karya Jabar Tol pun meminta bantuan kepada Komisi IV DPRD Provinsi Jawa barat untuk mengedukasi dan melakukan pendekatan kepada masyarakat area section 1 dan 2 agar mau membebaskan lahannya demi kepentingan bersama.

“Paling tidak nanti masyarakat yang terkena relokasi mendapatkan harga NJOP per-meter berapa, itu yang harus dipertemukan titik solusinya antar ke dua belah pihak, diharapkan DPRD hadir di situ untuk menengahi perihal masalah pembebasan lahan tersebut,” kata Ichsan.

Tol yang juga menggunakan APBD Provinsi Jawa barat dan APBN nasional ini sampai saat ini progres pembangunannya dinilai belum terlalu baik oleh Komisi IV DPRD Jawa barat.

“Bahkan Pemerintah pusat melibatkan investor luar pada section 3 dan 4 Cisumdawu ini, karena harapannya adalah jalur ini nantinya juga akan menghidupkan sektor ekonomi sekitarnya,” tutur Ichsan.

Politisi PKS ini menambahkan dari 92% lahan yang sudah bebas di section 1, Komisi IV berjanji akan bantu mendorong agar masalah pembebasan lahan ini bisa segera selesai.

“Memang yang krusial ini masalah pembebasan di section 1 dan 2 karena masyarakatnya sudah sampai ke PTUN untuk menempuh jalur hukum terkait pembangunan jalan tol Cisumdawu ini,” tutup Ichsan.

Melansir data dari website Kementrian PUPR pada tahun 2017 silam, Tol Cisumdawu ini menelan anggaran total senilai 8,4 triliun rupiah. (JC)

Check Also

Rupiah Menguat ke Rp16.180 per Dolar AS, Sentimen PSBB DKI

Inionline.id – Nilai tukar rupiah berada di posisi Rp16.180 per dolar AS di perdagangan pasar spot pada Rabu (8/4). Mata …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *