Manfaat Dark Chocolate Bagi Kesehatan Tubuh

Kesehatan057 views

Inionline.id – Cokelat sering dijadikan alat untuk membuat seseorang bahagia. Entah itu untuk menghibur teman yang patah hati, stres teman kerja, hingga membujuk anak kecil yang sedang menangis.

Namun sayangnya, cokelat sering dikaitkan dengan masalah kerusakan gigi. Meski demikian, banyak yang tidak menyadari bahwa cokelat hitam memiliki manfaat kesehatan bagi tubuh.

Dilansir melalui healthshot, Kamis (20/2), berikut beberapa manfaat cokelat hitam bagi kesehatan tubuh.

Meningkatkan Fungsi Otak

Ternyata, makan cokelat hitam yang mengandung kakao flavanol tinggi bisa meningkatkan aliran darah ke otak. Para peneliti dari Universitas Italia L’Aquila mengatakan bahwa mengonsumsi cokelat hitam secar teratur bisa meningkatkan fungsi kognitif otal. Kakao juga mengandung stimulan tertentu seperti kafein dan theobromine, yang dapat meningkatkan fungsi otak dalam jumlah sedang.

Kaya Antioksidan

Cokelat hitam dikenal kaya antioksidan sehingga menjadikannya makanan super. Selain itu, cokelat hitam mengandung flavonoid yang berperan dalam pencegahan kanker, penurunan berat badan, dan kesehatan jantung.

Dalam sebuah studi di Journal of Natural Science, menyebutkan, stres oksidatif berkontribusi pada proses penuaan alami. Cokelat hitam disebut bisa membantu memperlambat proses penuaan. Stres oksidatif juga berbahaya karena dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes, Parkinson, Alzheimer, kanker dan penyakit mata.

Mencegah Penyakit Jantung dan Menurunkan Risiko Stroke

Sejumlah penelitian telah menemukan bahwa cokelat hitam juga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Heart juga menemukan bahwa orang mengonsumso cokelat hitam setiap hari memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung dan stroke.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *