Iwan Suryawan Tegaskan Jangan Ada Strategi Lain Kepada Masyarakat Saat Iuran Bulanan Sekolah Gratis

Bandung, Inionline.Id – Komisi V DPRD Provinsi Jawa barat melakukan kunjungan kerja ke Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat yang berlokasi di SMKN 1 Kota Cimahi, Jalan Martanegara No 48, Cimahi Selatan, Kota Cimahi, pada Kamis (06/02/2020).

KCD wilayah 7 membawahi 361 sekolah yang tersebar Di Kota Cimahi dan Kota Bandung terdiri dari 33 sma negeri,  127 sma swasta, 19 smk negeri, 129 smk swasta, 4 Sekolah Luar Biasa (SLB) dan 44 SLB swasta. Selain itu total siswa smk sederajat sebanyak 156.681, siswa yang tersebar di sekolah negeri sebanyak 67.196 siswa, dan sekolah swasta 89.485 siswa.

Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa barat, Iwan Suryawan menjelaskan bahwa agenda utama kunjungan kerja kali ini adalah mengevaluasi kinerja KCD VII pada tahun 2019 dan hal-hal apa yang akan dilakukan di tahun 2020.

“Pada bulan Juli 2020 atau pada masa tahun ajaran baru tahun ini akan ada kebijakan baru dimana iuran bulanan sekolah negeri akan digratiskan, ternyata tanggapan dari pihak sekolah cukup beragam,” tutur Iwan.

Padahal menurut Iwan, khususnya Komisi V DPRD Jabar berharap dengan adanya gratis iuran bulanan ini setidaknya akan meringankan beban siswa dalam bersekolah tetapi juga tidak mempengaruhi pihak sekolah dalam proses belajar mengajar.

Iwan juga menegaskan kepada pihak sekolah agar tidak mencari strategi yang lain ketika iuran bulanan sudah gratis.

“Ada iuran lain-lain yang dikenakan ke siswa setelah iuran bulanan gratis,” kata Iwan.

Dirinya pun mendapatkan informasi pada kunjungan ini bahwa iuran bulanan dan  iuran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) adalah dua hal yang berbeda.

“Semoga ini tidak jadi polemik di masyarakat, karena selama ini informasinya gratis saja sekolah, setelah kebijakan ini berjalan di bulan Juli nanti kita akan mengadakan evaluasi terkait kebijakan ini,” pungkas Iwan.

Kesenian angklung siswa-siswi SMKN 1 Cimahi sambut kedatangan Komisi V DPRD Provinsi Jawa barat.

Politisi PKS ini juga mengapresiasi program kantor sekretariat baru KCD VII ini yang akan direalisasikan di tahun 2020 dengan total anggaran senilai 6 miliar rupiah.

Dilain pihak, Kepala KCD VII Kota Cimahi, Endang Susilastuti mengatakan bahwa sekolah pun masih boleh untuk menarik iuran dana dari masyarakat, walaupun aturan tersebut masih di godok peraturannya oleh pemerintah provinsi jawa barat. (JC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *