Ini yang Harus Dilakukan Saat Sakit Perut

Kesehatan157 views

Inionline.id – Sakit perut menjadi masalah paling umum yang dialami banyak orang. Entah itu menjadi gangguan pencernaan, refluks, mual, diare, hingga keracunan makanan. Hal-hal semacam ini tentu kerap membuat tidak nyaman.

Meskipun ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pencernaan, pemilihan makanan mejadi cara paling tepat. Sebab, makanan menjadi hal utama untuk meredakan sakit perut.

Istirahat pada saluran pencernaan dan usus agar tidak bekerja terlalu keras saat sakit perut. Agar cepat sembuh, seseorang perlu membiarkan usus beristirahat terlebih dahulu.

Dilansir melalui Well Good, Brittany Modell, RD, pendiri Brittany Modell Nutrition and Wellness, mengatakan bahwa ketika berhadapan dengan gangguan atau gejala pencernaan, yang terbaik adalah memilih makanan. Ia menyarankan memilih makanan bertekstur krim, mengandung sedikit lemak dan serat.

Tetapi, tetap saja apabila kondisi perut dirasa belum membaik setelah melakukan perubahan pola makan, maka itu butuh tindakan lebih lanjut. Pada saat ini sebaiknya segera konsultasi ke dokter.

“Gangguan pencernaan adalah kompleks. Tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semuanya soal makanan terbaik untuk dimakan dan dicerna,” katanya.

Ada kondisi usus kronis seperti penyakit Crohn, sindrom iritasi usus, radang saluran pencernaan, atau gastroparesis (tempat perut tidak bisa mengosongkan sendiri makanan yang dicerna dengan benar). Tentunya perlu cara khusus mengatasinya dengan konsultasi ke dokter terlebih dulu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *