DKI Diminta Sinkronkan Jalur LRT Timur-Barat dan MRT Fase 2

Antar Daerah157 views

Inionline.id –  Kementerian Perhubungan minta pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mensinkronkan jalur LRT Timur Barat  dengan pembangunan MRT Utara-Selatan Fase 2. LRT Timur-Barat, yakni Pulogadung-Kebayoran Lama, sedangkan MRT fase 2 rute Bundaran HI-Ancol.

“Kemenhub meminta Pemprov DKI untuk mensinkronkan trase LRT dgn pembangunan MRT Utara-Selatan Fase 2 (Bundaran HI – Ancol) dan perencanaan MRT Barat-Timur (Balaraja – Cikarang) yang sudah matang terlebih dulu,” kata Direktur Lalu lintas dan Angkutan Kereta Api, Danto Restyawan dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (5/2).

Pada prinsipnya, Kementerian Perhubungan tidak membatalkan LRT Koridor Timur-Barat dengan rute Pulo Gadung-Kebayoran Lama. Setiap proses pembangunan dan pengembangan transportasi Jabodetabek berpedoman pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2018 Tentang Rencana Induk Transportasi Jabodetabek (RITJ).

“Ini merupakan salah satu upaya menata sistem transportasi yang terpadu di Wilayah Jabodetabek. RITJ ini mengakomodasi sejumlah program dan strategi pembangunan transportasi secara terpadu antara lain integrasi perencanaan jaringan, integrasi prasarana dan pelayanan baik intramoda maupun antarmoda serta integrasi antar moda transportasinya,” katanya.

Danto menuturkan salah satu tahapan yang harus dilakukan pemerintah daerah dalam proses pembangunan perkeretaapian adalah pengajuan trase. Pengajuan ini diusulkan pemerintah daerah untuk mendapatkan persetujuan Menteri Perhubungan.

Dengan RITJ ini, lanjut dia, akan ada sinkronisasi dan harmonisasi, sehingga trase nantinya dapat tertata dengan baik serta bisa mengkomodir integrasi antarmodanya.

“Silakan Pemda mengajukan trase untuk pembangunan LRT Koridor Timur-Barat namun tetap mengacu pada RITJ yang telah ada,” katanya.

Pemerintah DKI merencanakan membangun LRT Koridor Pulo Gadung-Kebayoran Lama. Meskipun belum ada permohonan resmi penetapan trase ke Kementerian Perhubungan, rencana trase tersebut akan bersinggungan dengan trase MRT Utara-Selatan Fase 2 dan perencanaan MRT Barat – Timur yang sudah ditetapkan lebih dulu.

Karena trase MRT ini ada lebih dahulu dan ini telah dibahas dengan Pemda DKI, maka trase LRT Koridor Pulo Gadung – Kebayoran Lama yang harus menyesuaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *