Piter Awantano Minta Pemerintah Pusat Untuk Bangun Ekonomi Masyarakat Papua

Inionline.id–Jakarta-Setelah melakukan Rapat Kordinasi Nasional pertama Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-Perjuangan) di JCC Expo Kemayoran Jakarta Pusat, Sabtu (11/1/20) kemarin, DPC PDI Perjuangan Kabupaten Memberamo Raya Provinsi Papua menyatakan sikap akan mendukung penuh sikap partai politik PDI Perjuangan dalam menentukan kebijakan serta ikut berpartisi aktif dalam membangun Negara Indonesia melalui Pemerintahan Presiden Jokowi- Wakil Presiden KH Makruf Amin kedepan khususnya di Provinsi Papua.

Hal demikian diungkapkan oleh Piter Awantano, Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Memberamo Raya, Provinsi Papua. Saat dimintai tanggapan terkait bagaimana sikapnya dalam kepemerintahan Presiden Jokowi di kali keduanya. Menurut Piter Awantano bahwa Partai Politik PDI Perjuangan di tanah Papua khususnya di Kabupaten Memberamo Raya Provinsi Papua sampai saat ini tetap solid terus bergerak lebih baik kedepan mendukung Pemerintahan Presiden Jokowi -Wakil Presiden KH Maruf Amin.

“Namun demikian, kita berharap ada konsekuensi pemerintah pusat terutama konsekuensi pemerintahan Presiden Jokowi untuk lebih mengarahkan kepembangunan terutama pertumbuhan ekonomi kerakyatan disana,” ujar Piter di Jakarta, Selasa (14/01/20).

Menurutnya pembangunan infrastruktur ekonomi masyarakat desa lebih diprioritaskan, sehingga masyarakat disana siap dan mau maju. Terutama sumber daya alam yang luar biasa, masyarakat desa dipersiapkan dan dilatih untuk mengelola secara maksimal baik perkelompok maupun secara industry. Diharapkan dengan menumbuhkembangkan skil Sumber Daya Masyarakat desa pertumbuhan ekonomi masyarakat di sana menjadi lebih baik kedepan.

“Saya berharap dengan periode kali kedua kepemimpinan pemerintahan bapak Presiden Jokowi-Wakil Presiden KH Maruf Amin ini adanya suatu perubahan yang berarti untuk masyarakat di Provinsi Papua secara keseluruhan terutama di bidang infrastruktur dan ekonomi kerakyatan,” ujar Piter Awantano, yang juga dua kali menjabat sebagai anggota DPRD Kabupaten Membaramo Raya periode 2004-2009 dan 2014-2019 dari PDI Perjuangan.

Piter juga menyarankan kepada kepemerintahan Jokowi-Maruf Amin dalam menjalankan konsep program pembangunan dilakukan melalui “Bottom to Up” yang berlandaskan basis kultural masyarakat agar tidak ada ketimpangan dalam pembangunan di masyarakat.

“Secara umum Provinsi Papua Indeks Pembangunan Manusia meningkat setiap tahunnya, dan kita butuh sentuhan pemerintah pusat dalam mengembangkan ekonomi masyarakat, khususnya di daerah kami di kabupaten Mamberamo Raya butuh pelatihan–pelatihan wirausaha UMKM dalam menggali potensi di daerah dengan semaksismal mungkin,” lanjut Kader PDI Perjuangan yang dikenal masyarakat Mamberamo Raya ramah tersebut.

Piter juga melihat sudah banyak Senior-senior dari Papua yang bergelut dan berjuang menimba Ilmu untuk kemajuan Papua lebih baik, dan pihaknya percaya kepada seluruh masyarakat Papua baik yang ada di dalam bahkan diluar Papua bisa membawa Papua kearah yang lebih maju lagi.

“Kami berharap dalam Rakornas kedepannya tokoh -tokoh dari kader PDI Perjuangan bisa lebih banyak lagi memiliki peran di dalam kepengurusan DPP PDI Perjuangan karena kami pengurus dan kader PDI Perjuangan di Papua sudah lebih profesional, lebih berkualitas sehingga kami lebih semangat untuk memperjuangkan Pemilu 2024 mendatang akan kita menangkan PDI Perjuangan yang ketiga kalinya,” ucap Piter Awantano yang juga ikut dalam bursa pencalonan Bupati di Mamberamo Raya, 2021-2024 mendatang.

Lebih lanjut Sekretaris DPC PDI Perjuangan Kabupaten Mamberamo Raya membawa rekan-rekan kader partai PDI Perjuangan dari Papua ke Rakernas PDI Perjuangan kali ini, karena ada sebuah komitmen yang kuat, disamping itu pihaknya juga memang butuh pembinaan dan pendampingan dari para pemimpin maupun para tokoh-tokoh senior di tingkat DPP PDI Perjuangan.

“Kemudian juga kita harus restrukturisasi struktur kepengurusan PDI Perjuangan ini, memang perlu ada konsolidasi yang betul-betul turun di lapangan sehingga menentukan siapa nanti pemimpin PDI-P ditingkat bawah itu yang benar-benar solid. Perlu diketahui bahwa sampai saat ini, wakil-wakil Anggota Dewan di Provinsi Papua hampir semua nya PDI-P, begitu juga di kabupaten-kabupaten se-Provinsi Papua hampir di dominasi oleh PDI-Perjuangan,kita jangan sampai kecolongan lagi,” pungkasnya. (Hr).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *