Pertamina MOR III Raih 1 PROPER Emas dan 4 PROPER Hijau

Nasional157 views

Jakarta, Inionline.id – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III Jawa Bagian Barat, meraih 5 predikat Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) Tahun 2019, dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Ke-lima predikat tersebut merupakan 1 PROPER emas dan 3 PROPER hijau yang diraih oleh beberapa wilayah kerja di lingkungan MOR III dalam sub sektor migas distribusi. Adapun penghargaan tersebut diterima oleh Terminal BBM Bandung Group dengan predikat PROPER Emas. Sementara PROPER hijau diraih oleh Terminal BBM Tanjung Gerem, Banten; Terminal BBM Jakarta Group – Plumpang, DKI Jakarta; Terminal BBM Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat; serta Terminal BBM Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

General Manager Marketing Operation Region III Tengku Fernanda menerima langsung penghargaan kategori PROPER emas yang diserahkan oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, di Istana Wapres, (8/1).

Dalam acara penganugerahan, Menteri Siti Nurbaya Bakar menyatakan bahwa pengharagaan PROPER diberikan bagi dunia usaha yang menunjukkan kinerja luar biasa dalam pengelolaan lingkungan hidup. Proses penjuriannya melibatkan evaluasi terhadap penerapan sistem manejemen lingkungan, efisiensi energi, konservasi air, pengurangan emisi, perlindungan keanekaragaman hayati, 3R pada limbah B3 padat dan non-B3, serta pemberdayaan masyarakat di sekitar daerah operasi.

Senada dengan hal tersebut, GM MOR III Tengku Fernanda mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan oleh Pemerintah, dimana pencapaian PROPER emas oleh Terminal BBM Bandung Group merupakan yang ketiga kalinya berturut-turut.

“Tentunya peringkat ini dapat memacu kami untuk terus meningkatkan peran perusahaan dalam mengelola tata lingkungan dan hubungan dengan para pemangku kepentingan yang baik, terus mengembangkan berbagai program inovasi, penggunaan sumber energi yang efisien dan ramah lingkungan, serta pengembangan masyarakat. Kami berharap raihan Proper emas di Terminal BBM Bandung Group juga dapat ditularkan kepada TBBM lainnya ke depan,”katanya.

Beberapa program ungulan pemberdayaan masyarakat yang mendukung raihan PROPER emas di Terminal BBM Bandung Group antara lain, mobil _homecare_ dan sistem pendidikan di sekolah anak berkebutuhan khusus berbasis masyarakat Dreamable, bengkel Pertamax Otopreneur di Kampung Babakan, serta pengolahan sampah Biokonversi di kelurahan Rancanumpang, Bandung.

Melalui berbagai program tersebut, Terminal BBM Bandung Group juga telah berkontribusi dalam target pencapaian pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) nasional. Yakni poin tanpa kemiskinan (poin 1), pendidikan berkualitas (poin 4), air bersih dan sanitasi layak(poin 6), industri inovasi dan infrastruktur (poin 9), serta berkurangnya kesenjangan (poin 10).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *