Menyulap Sisa Nasi Rice Cooker Jadi Makanan Sedap

Inionline.id – Ada sedikit sisa nasi yang dimasak tempo hari? Apabila bosan mengolah sisa nasi menjadi nasi goreng, resep asal Jepang yang satu ini boleh dicoba.

Ochazuke atau chazuke adalah masakan khas Jepang yang sederhana. Hidangan ini terdiri dari nasi dan taburan lauk yang disiram dengan teh hijau panas.

Ochazuke yang juga disebut bagai sup nasi khas Jepang bisa disajikan dengan mudah. Anda tidak perlu menggunakan banyak bahan dan melakukan langkah-langkah yang rumit, cukup dengan memanfaatkan apa yang ada di dapur.

Seperti kebanyakan bubur sederhana, sajian ini bisa memanfaatkan bahan-bahan yang sudah tergeletak di dapur. Diantaranya bisa berupa nori yang sudah dibuka, daun ketumbar, kecap asin, hingga potongan ikan salmon atau lainnya yang masih tersisa, hingga teluar, seluruhnya hanya perlu direbus dan ditambahkan ke dalam campuran.

Hasilnya, menjadi semangkuk nasi pekat beruap sederhana yang diperkaya dengan protein, ditambah bahan yang mungkin renyah. Jika Anda tidak menyukai teh hijau, sup yang berbahan dasar umami atau buat kaldu yang Anda sukai dengan bubuk bumbu favorit bisa dicoba.

Potongan shiso mungkin tidak mudah didapat, seperti yang biasanya digunakan dalam resep ochazuke. Namun, Anda bisa menggantinya cukup dengan daun bawang atau ketumbar yang menghasilkan rasa hampir sama. Perlu diingat, tidak semua sup membutuhkan kaldu yang dididihkan dalam waktu lama, serta banyak bahan.

Berikut adalah contoh resep ochazuke yang praktis dan bisa Anda buat dengan mudah di rumah.

1. Gunakan telur, rebus dalam satu panci kecil selama tujuh menit.

2. Untuk menyiapkan dashi, jika Anda menginginkannya, didihkan dua gelas air dalam panci terpisah. Setelah mendidih, tambahkan bubuk atau paket dashi. Jika menggunakan bubuk, itu akan segera larut. Aduk, angkat, dan sisihkan. Jika menggunakan paket, diamkan dalam air selama 5 menit di atas api sedang. Aduk, lalu angkat dan sisihkan.

3. Untuk menyiapkan ochazuke, tambahkan nasi ke dalam mangkuk sup berukuran kecil atau sedang. Tuang dashi atau teh hijau untuk menutupi tiga perempat nasi.

4. Tambahkan serpihan salmon dan telur rebus, maupun bahan lainnya yang Anda miliki di rumah atau inginkan.

5. Sajikan segera dengan menambahkan saus kecap asin ke dalam kaldu sesuai selera. Ini bisa dilewatkan jika Anda tidak menginginkan tambahan rasa tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *