AYPI akan Bentuk Lembaga Sertifikasi Profesi Guru Mandiri

Pendidikan257 views

Inionline.id – Asosiasi Yayasan Pendidikan Islam (AYPI) menggelar rapat pleno awal tahun di Sekretariat AYPI, Gedung Fajar Hidayah Kota Wisata, Cibubur, Jakarta Timur. Rapat yang digelar Minggu (12/1) itu dihadiri oleh Dewan Pembina, Pengawas, dan Pengurus AYPI.

Ketua Umum AYPI, H Mirdas Eka Yora mengatakan, AYPI menyambut baik kebijakan menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, yg menyatakan bahwa “sekolah swasta dipersilahkan menerjemahkan kebijakan pendidikan secara kreatif”.

“Sehubungan dengan itu, sesuai dgn tujuan awal berdirinya AYPI ini adalah terwujudnya lembaga pendidikan Islam yg bermutu dengan standar internasional,” ujarnya dalam rilis yang diterima.

Ia menegaskan, untuk mewujudkan sekolah-sekolah Islam yang bermutu –yang mengacu standar internasional–  diperlukan adanya sebuah Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Guru Mandiri. “Nantinya LSP Guru Mandiri inilah yg akan mendesain sebuah pelatihan/workshop bagi guru-guru anggota AYPI,” kata Mirdas.

Pembina AYPI, H E Afrizal Sinaro menyatakan, untuk mengembangkan kapasitas guru dan sekolah guna meningkatkan kualitas pembelajaran adalah tanggung jawab pemerintah.

“Sehubungan dengan itu, sejatinya pemerintah juga berkewajiban utk memfasilitasi program diklat bagi guru-guru sekolah swasta. Dengan demikian, pada akhirnya semua peserta didik baik yang sekolah di negeri maupun swasta akan mendapatkan pendidikan yg bermutu dan semua sekolah harus unggul,” paparnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *