Tito Jelaskan Alasan TNI-Polri Belum Ditarik dari Nduga

Headline, Nasional157 views

Inionline.id – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memberikan tanggapannya terkait pendekatan keamanan yang menjadi alasan pengunduran diri Wakil Bupati Nduga Wentius Nimiangge. Menurut mantan kepala Polri itu, penerjunan pasukan Polri dan TNI ke wilayah itu sudah dilakukan sejak lama, yakni sejak pembantaian para pekerja dari PT Istaka Karya.

Hingga saat ini, pasukan yang diterjunkan pun belum juga ditarik karena pelaku belum tertangkap. Selain itu, Tito mengatakan, alasan keamanan membuat operasi TNI dan Polri masih berlangsung.

“Siapa yang bisa menjamin kalau enggak terulang lagi pembantaian itu terjadi. Maka karena gak ada yang bisa jamin maka penegakan hukum, penegakan hukum Polri dan TNI. Nah TNI di sana dalam rangka mendukung operasi kepolisian penegakan hukum karena medannya yang sulit,” kata Tito di Istana Presiden Bogor, Jawa Barat, Jumat (27/12).

Tito juga menyebut, tak sedikit pula anggota TNI dan Polri yang turut meninggal untuk mencari para pelaku dan melakukan penegakan hukum di wilayah itu. Karena itu, lanjutnya, permintaan penarikan pasukan tersebut belum dapat dipenuhi karena tak adanya jaminan keamanan warga sekitar.

“Ini jadi kalau seandainya ada permintaan penarikan pasukan, pertanyaannya ada gak yang bisa menjamin baik bupati, wakil bupati atau ada gak yang bisa menjamin tokoh-tokoh di sana tidak akan terulang peristiwa, bukan hanya pembantaian 34 orang itu (PT Istaka Karya),” ujarnya.

Tito mengaku beberapa kali telah menanyakan hal ini kepada para tokoh setempat. Namun tak ada yang bisa menjamin keamanan warga di wilayah itu. Karena itu, pasukan TNI dan Polri pun masih diterjunkan.

“Artinya kan harus ada perlindungan di sana. Jangan salah, beberapa masyarakat kelompok masyarakat ada yang takut. Baik yang kelompok masyarakat pendatang maupun yang asli di situ juga takut pada mereka,” kata Tito.

Terkait pengunduran diri Wakil Bupati Nduga Wentius Nimiangge, Tito mengaku masih menunggu surat pengunduran diri. Jika surat tersebut sudah diterima, maka ia akan melihat terlebih dahulu alasan pengunduran diri.

Namun, ia mengaku hingga kini belum menerima surat pengunduran diri Wentius. “Kalau suratnya ada untuk mengundurkan diri kita lihat alasannya sudah tepat apa belum. Ada proses,” tambahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *