Mahasiswa Ikut Pelatihan Pancasila di Cibubur

Pendidikan157 views

Inionline.id – Puluhan pimpinan mahasiswa intra dan ekstra kampus se-Jabodetabek-Banten bersama Ramangsa Institute mengadakan kegiatan Training School Merah Putih Angkatan 2019 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta Timur, mulai 20 hingga 21 Desember 2019.

Direktur Eksekutif Ramangsa Institute Maizal Alfian menjelaskan, agenda tersebut mengangkat tema ‘Pancasila dalam Perspektif Pemuda dan Mahasiswa’. Mahasiswa yang hadir, kata dia, diberikan materi terkait pemahaman falsafah Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara serta gerakan perubahan peradaban.

“Untuk mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan Training School Merah Putih 2019 terdiri UNJ, Stebank Jakarta, UBK, Ubhara Jaya, UIN Jakarta, Unpam, Univ Esa Unggul, UNINDRA, Unusia, Uhamka, Univ 17 Agustus 1945, STIA At-taqwa Bekasi, UIC Jakarta, APP Jakarta,” ujarnya dalam siaran pers.

Menurut Maizal, gerakan perubahan merupakan cerminan menuju kesempurnaan yang merupakan hal fitrah dalam diri manusia. Bangsa Indonesia yang lahir dari kesepakatan besar, serta cita-cita luhur di atas bangunan egaliter dalam kehidupan bernegara, agama dan politik, serta pluralisme dan integritas tinggi dalam ruang masyarakat yang heterogen.

“Tiga point penting yang tertuang dalam pembukaan UUD 1945, merupakan tolak ukur majunya peradaban bangsa,” ucap Maizal.

Ketua Panitia TSMP 2019 La Ode Muhammad Rusdiansyah mengatakan, kegiatan tersebut adalah wadah kreatifitas mahasiswa se-Jabodetabek-Banten dalam upaya memutar turbin intelektual menghasilkan gagasan dan ide-ide segar guna pengabdian di masyarakat. Kegiatan ini berlatar belakang penyegaran serta upaya rekonstruksi Pancasila sebagai dasar dan pandangan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara Indonesia agar mendarahdaging dalam nafas insan akademis.

“Kegiatan TSMP 2019 berhasil melahirkan beberapa rekomendasi dari aspek Sosial, Ekonomi dan Lingkungan Hidup, baik dalam skala lokal, nasional maupun internasional,” ucap La Ode.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *