Jelang HPN 2020, 10 Bupati/Walikota Bakal Terima Anugerah Kebudayaan, Diantaranya Airin

Antar Daerah157 views

Setelah melalui perdebatan panjang, di kantor PWI Pusat, Gedung Dewan Pers Lantai 4, Jl. Kebon Sirih no 34 Jakarta Pusat, Jumat (27/12/2019), akhirnya Dewan Juri berhasil memilih 10 Bupati/Walikota Calon Penerima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat. Dalam rangka peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2020, di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Februari 2020.

Dewan Juri terdiri dari Nungki Kusumastuti, yang dikenal sebagai penari, artis film, Dosen Institut Kesenian Jakarta, selaku ketua merangkap anggota. Ninok Leksono (Kompas/Rektor Universitas Multimedia Nusantara), Agus Dermawan T (pengamat seni-budaya, penulis buku), Atal S.Depari (Ketua Umum PWI Pusat) dan Yusuf Susilo Hartono (pelukis, wartawan senior, Pengurus PWI Pusat), sebagai anggota.

Menurut Yusuf Susilo Hartono, acara ini digelar PWI Pusat bekerja sama dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI). Ke-10 Bupati/Walikota ini dipilih dari 19 Bupati dan 11 Walikota dari 18 provinsi yang mengirim proposal.

“Penilaiannya menitik beratkan pada aspek bentuk dan isi proposal. Meliputi tata visual dan bahasa. Juga teknik penyajian, yang terdiri dari pilihan judul/program, profil daerah dan bupati/walikota, pemanfaatan media massa/sosial, landasan peraturan daerah, kebijakan program dan strategi inovasi, serta aspek pendukung berupa SDM, anggaran, hingga infra struktur,” tandasnya.

Adapun ke 10- Bupati/Walikota tersebut, mewakili tiga kategori : daerah/ kota yang ada di dalam/dekat wilayah ibu kota Negara RI; daerah/ kota yang berada/dekat ibu kota provinsi; dan daerah/kota yang jauh dari ibu kota provinsi.

Ke-10 Bupati/Walikota tersebut, masing-masing Walikota Tangsel-Banten, Airin Rachmi Diany; Walikota Kota Banjarmasin-Kalimantan Selatan, Ibnu Sina; Walikota Ambon-Maluku, Richard Louhenapessy; Bupati Tubaba-Lampung, Umar Ahmad; Bupati Halmahera Barat-Maluku Utara, Danny Missy; Bupati Serdang Bedagai-Sumatera Utara, Soekirman; Bupati Luwu Utara-Sulawesi Selatan Hj. Indah Putri Indriani; Bupati Gunung Kidul-DI Yogyakarta Hj. Badingah; Bupati Tabalong-Kalimantan Selatan Anang Syakhfiani dan Walikota Kota Baubau-Sulawesi Tenggara , AS Tamrin

Menurut Yusuf, mereka akan diundang ke Jakarta, tanggal 8-9 Januari 2020, untuk presentasi di depan Dewan Juri dan tanya jawab pendalaman proposal. Sebagai babak akhir, sebelum menerima penghargaan ini pada acara puncak HPN 2020 di Banjarmasin pada Februari 2020. (Ris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *