Bendungan Bantarjati Mengkhawatirkan, Lurah Minta Iwan Dorong Percepatan Perbaikan di Provinsi Jabar

Antar Daerah357 views

Bogor, Inionline.id – Dalam rangka giat reses I tahun sidang 2019-2020, Anggota DPRD Provinsi Jawa barat, Iwan Suryawan berdialog di RW 13, Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor utara, Kota Bogor, pada kamis (05/12/19).

Tidak hanya ratusan warga yang memadati area reses, tampak hadir pula lurah Bantarjati, Deri Wiriadirama pada acara tersebut.

Lurah milenial tersebut menjelaskan bahwa kondisi rusaknya bendungan Bantarjati sudah berlangsung lama, kondisi ini pun telah dilaporkan dan diketahui oleh pimpinan Kota Bogor.

“Karena terbatasnya ranah dalam kawasan sungai Ciliwung-Cisadane, ada namanya Balai Besar Sungai Ciliwung-Cisadane yang punya wewenang untuk intervensi ke sana, saya sangat meminta dalam percepatan perbaikan, takutnya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ujar Deri.

Jika hal ini bisa diantisipasi lebih awal, Deri meyakini hal tersebut akan lebih baik, bukan dalam kesempatan reses ini saja perihal rusaknya bendungan Bantarjati disampaikan tetapi pada kesempatan-kesempatan sebelumnya sudah pernah disampaikan kepada pihak-pihak yang berwenang.

“Sekiranya bisa dibantu di dorong atau di percepatkan di tingkat provinsi Jawa barat akan lebih baik,” kata Deri.

Tidak hanya retakkan tapi tanah yang terkikis dan bagian bawah bendungan sudah kosong, dan jika bendungan ini jebol akan ada puluhan rumah yang terdampak akibat musibah ini.

“Tanah di kiri dan kanannya akan turun, irigasi akan berkurang, karena dulunya Cibagolo itu adalah saluran irigasi, banjir juga pasti,” tutur Deri.

Iwan menanggapi hal tersebut dengan mempersiapkan beberapa langkah, yang pertama dia harus melihat dan memfoto kondisi sungai Cibagolonya, lalu koordinasi dengan pihak kelurahan Bantarjati, lalu akan di cek ke Komisi IV DPRD Provinsi Jawa barat untuk aspirasi ini dititipkan dan diupayakan percepatannya di sana.

“Kita cek dulu benarkah ada anggaran yang sudah termaktub untuk itu, syukur-syukur kalau sudah ada, kalau belum ada kemungkinan kita bisa kejar di perubahan anggaran,” pungkas Iwan. (JC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *