Tiga Nagari Di Solok Selatan Terendam Banjir Akibat Hujan Deras

Antar Daerah157 views

Inionline.id – Tiga Nagari di dua kecamatan di Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat terendam banjir akibat hujan deras yang melanda daerah itu sejak Rabu sore (20/11) yang mengakibatkan sungai anak Batang Lolo dan Batang Suliti meluap.

“Tim kami sudah turun ke lapangan untuk melakukan pendataan berapa rumah yang terendam dan membantu korban,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solok Selatan Inroni Muharamsyah di Padang Aro, Kamis (21/11).

Dia mengatakan, informasi awal di lapangan ada tiga daerah yang terendam banjir yaitu Nagari Pakan Rabaa Tangah dan Pakan Rabaa di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh yang diakibatkan luapan anak sungai Batang Lolo.serta Nagari Pasar Muaralabuh tepatnya di Kampuang Tarandam akibat luapan sungai Batang Suliti. “Air sudah memasuki rumah warga dan di Pakan Rabaa Tangah air sudah sampai ke jalan Nasional,” ujarnya.

Hingga saat ini, katanya, belum ada laporan korban jiwa, tetapi air sudah masuk ke dalam rumah warga. “Kalau ada korban yang butuh dievakuasi maka tim reaksi cepat BPBD akan membantu,” katanya.

Seorang warga Kampung Tarandam Afriadi mengatakan, air yang masuk ke rumah warga mencapai 30 hingga 50 centimeter. “Kami masih bertahan di rumah masing-masing karena biasanya air akan langsung surut kalau curah hujan berkurang,” katanya. Kampung Tarandam merupakan salah satu kawasan langganan banjir di Solok Selatan akibat luapan sungai Batang Suliti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *