Tentara Pembebasan Rakyat Cina Bersihkan Hong Kong Usai Kerusuhan

Internasional157 views

Inionline.id – Pertama kalinya, Tentara Pembebasan Rakyat Cina atau PLA keluar dari barak untuk membersihkan jalanan Hong Kong sehabis kerusuhan.

Pada Sabtu Tentara Pembebasan Rakyat Cina berbaris keluar dari barak mereka untuk pertama kalinya dalam lebih dari lima bulan kerusuhan sipil di Hong Kong, untuk membantu membersihkan penghalang jalan dan puing-puing yang ditinggalkan oleh pengunjuk rasa radikal, menurut laporan South China Morning Post, 17 November 2019.

Tidak bersenjata dan mengenakan pakaian biasa, sekitar 50 tentara dalam dua barisan yang tersusun rapi keluar dari barak Kowloon East sekitar jam 4 sore. Mereka segera mulai membersihkan Jalan Renfrew, di mana barak mereka berdekatan dengan kampus Baptist University.

Salah satu tentara mengatakan tindakan mereka tidak ada hubungannya dengan pemerintah Hong Kong.

“Kami menawarkan diri! Menghentikan kekerasan dan mengakhiri kekacauan adalah tanggung jawab kita,” katanya, mengutip kalimat yang digunakan oleh Presiden Xi Jinping.

Bergabung dengan puluhan penduduk setempat, petugas pemadam kebakaran dan petugas polisi, para prajurit memindahkan penghalang jalan, kawat berduri dan batu bata yang ditinggalkan oleh para pengunjuk rasa sebelumnya. Pada jam 5 sore, mereka berkumpul kembali dan berbaris kembali ke barak mereka, meneriakkan slogan-slogan patriotik bersama.

Ini bukan pertama kalinya garnisun lokal Tentara Pembebasan Rakyat terlibat dalam pekerjaan masyarakat umum. Sebelumnya mereka pernah membantu menghilangkan pohon yang tumbang setelah Topan Mangkhut melanda tahun lalu.

Anggota PLA telah berada di Hong Kong sejak kota semi-otonom itu dikembalikan ke Cina pada tahun 1997. Meskipun beberapa ribu ditempatkan di kota itu, mereka jarang terlihat di luar barak mereka. Tahun lalu, PLA membantu membersihkan kota setelah Topan Mangkhut yang kuat menyerang kota, meskipun sebagian besar tetap tidak terlihat selama kerusuhan tahun ini di Hong Kong.

Pemerintah Hong Kong mengatakan pada hari Sabtu bahwa pihaknya belum meminta bantuan garnisun (PLA). Sebaliknya, upaya tentara Cina untuk membersihkan blok jalan di luar barak mereka di Kowloon Tong adalah murni kegiatan komunitas sukarela yang diprakarsai oleh mereka sendiri, kata pemerintah SAR Hong Kong.

Tetapi kehadiran Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) telah menimbulkan kekhawatiran dari beberapa di kota, termasuk sekelompok politisi pro-demokrasi yang menuntut agar pemerintah Hong Kong menjelaskan apakah mereka meminta keamanan publik dan bantuan bantuan bencana dari Cina.

Lima legislator mengatakan bahwa jika para pemimpin kota meminta bantuan dari Tentara Cina, mereka terus terlibat dalam pelarian, menghindari penyelesaian politik dari masalah politik, dan semakin melemahkan “satu negara, dua sistem”.

Meskipun Hong Kong adalah bagian dari Cina, kota ini diatur oleh undang-undang terpisah, sebuah konsep yang dikenal sebagai prinsip “satu negara, dua sistem”. Hong Kong memiliki konstitusi mini sendiri, Undang-Undang Dasar Hong Kong, yang menjamin kebebasan rakyat, termasuk hak untuk demonstrasi, hak untuk kebebasan pers dan kebebasan berbicara. Sementara kebebasan semacam itu tidak tersedia bagi orang lain di daratan komunis Cina.

Pasal 9 UU Garnisun Hong Kong menyatakan bahwa militer Cina tidak boleh ikut campur dalam urusan lokal Hong Kong, sementara pasal 11 menetapkan bahwa garnisun harus memberi tahu pemerintah setempat terlebih dahulu mengenai segala kegiatan militer seperti latihan atau manuver yang melibatkan kepentingan umum di Hong Kong.

Namun, pasal 14 Undang-Undang Dasar Hong Kong mengatakan bahwa, jika perlu pemerintah Hong Kong dapat meminta garnisun untuk membantu dalam pemeliharaan keamanan publik dan bantuan bencana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *