Pesona Keindahan Taman Kenrokuen Kanazawa Jepang

Inionline.id – Pernah ke Taman Kenrokuen Kanazawa? Tempat ini salah satu dari tiga taman bersejarah di Jepang yang memiliki nilai historis tinggi dan menampakkan keeksotisan seperti dua taman Konrukuen lainnya di Mito dan Okayama.

Terdapat danau berukuran kecil dan bangunan khas Jepang yang dahulu dijadikan sebagai tempat untuk memantau oleh pemimpin Negeri Sakura itu.

“Taman itu dibangun pada zaman pemimpin Maeda,” kata pemandu wisata asal Indonesia Rosediana di Kanazawa, Jepang.

Rosediana mengatakan Konrukuen itu didirikan di dataran tinggi dengan tujuan agar pemimpin Maeda dapat melihat situasi dan aktivitas masyarakat di tengah kota.

Taman yang dibangun oleh keluarga Maeda saat berkuasa pada medio 1800-an itu, berukuran seluas 12 hektar dan difungsikan sebagai taman di luar Kanazawa Castle.

Ketika keluarga Maeda masih berkuasa, taman Konrukuen tidak dibuka untuk umum karena hanya diperuntukkan untuk anggota keluarga itu saja.

Di dalam Konrukeun terdapat berbagai spot menarik seperti sungai, kolam, air terjun, jembatan, kedai teh, serta sistem pengairan sungai berteknologi canggih. Taman ini juga dihiasi banyak bunga, pohon, dan bebatuan.

Taman Kenrokuen banyak dikunjungi oleh wisatawan asing maupun turis domestik. Di seberang taman, terdapat Istana Kanazawa yang merupakan kediaman keluarga pemimpin Maeda pada era 1500-1800-an.

Komplek Istana Kanazawa terdiri dari bangunan, taman, serta bebatuan sebagai pertahanan dari serangan lawan.

Taman Konrukeun Kanazawa buka mulai pukul 07.00-18.00 pada Maret hingga Oktober dan pukul 08.00-17.00 pada Oktober-Februari dengan biaya 300 Yen (atau sekitar Rp38 ribu) per orang.

Pengunjung dapat menggunakan moda transportasi kereta dari Kanazawa Station yang langsung menuju Kenrokuen dengan lama perjalanan sekitar 15 menit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *