Pantau Pembangunan Situ Ciburuy, Komisi IV DPRD Jabar Tinjau Lokasi Dengan Seksama

Antar Daerah157 views

Bandung, Inionline.id – Fungsi pengawasan dilakukan oleh Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat pada kamis (21/11/19), dimana kali ini lokasi yang diawasi adalah Situ Ciburuy, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, M Ichsan menyatakan bahwa penataan dan revitalisasi Situ Ciburuy ini berada di bawah tanggung jawab Dinas Sumber Daya Air Provinsi Jawa Barat.

 

“Yang kami lihat di sana adalah luasan pembangunan yang dianggarkan untuk 2019, ada di dalam deskripsi pekerjaan yang menelan biaya proyeknya sekitar 2.120.542.000 miliar rupiah, dengan periode kontrak 25 september 2019 hingga 24 desember 2019,” ujar Ichsan.

Politisi PKS ini menambahkan bahwa penataan yang dilakukan pada 2019 ini hanya melingkupi struktur bagian depan Situ Ciburuy saja berupa taman yang nantinya akan menjadi wajah Situ Ciburuy.

“Karena kemarin kondisi cuaca sempat kemarau, saat ini kondisi air di Situ Ciburuy tinggal di bagian tengah saja, di tepi-tepi situ sudah kering,” kata Ichsan.

Selain itu Ichsan juga menjelaskan ada temuan penting di Situ Ciburuy dimana luasan area ini merupakan milik pemprov Jawa barat tapi di tengah situ itu terdapat seonggok bangunan yang statusnya dianggap bangunan liar.

“Perlu tindakan yang persuasif untuk bangunan yang sifatnya tambahan itu, karena revitalisasi Situ Ciburuy ini akan berlanjut di 2020 yang dianggarkan kurang lebih 38 miliar rupiah,” pungkas Ichsan.

Komisi IV menilai pembangunan Situ Ciburuy ini telah rampung sekitar 58% dengan target tanggal 24 desember 2019 harus sudah rampung 100 persen.

“Harapan kami, Situ Ciburuy ini merupakan sumber pengairan yang bisa dimanfaatkan oleh sistem irigasi kedepannya. Karena bagaimanapun, masyarakat sekitar dan Jawa barat pun ingin menikmati keindahan Situ Ciburuy yang nantinya dikelola oleh pemprov Jawa barat,” tutup Ichsan. (JC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *