Efek Samping Mengonsumsi Teh Kombucha

Kesehatan157 views

Inionline.id – Teh hasil fermentasi, kombucha selama ini dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh seperti meningkatkan pencernaan, meningkatan kekebalan tubuh, dan bahkan menurunkan berat badan. Namun beberapa manfaat tersebut masih belum terbukti oleh medis.

Karenanya kombucha ini juga memiliki efek samping seperti sakit kepala dan mual jika diminum terlalu banyak. Hal ini diduga karena kandungan alkohol di dalam teh kombucha yang terbentuk dari proses alami. Berikut efek samping lain mengonsumsi kombucha seperti dilansirĀ Inverse, Selasa (19/11).

Kembung

Reaksi paling umum dari makanan fermentasi adalah peningkatan sementara gas dan kembung. Ini adalah hasil dari kelebihan gas yang diproduksi setelah probiotik membunuh bakteri dan jamur usus yang berbahaya. Probiotik mengeluarkan peptida antiomikroba yang membunuh organisme patogen berbahaya seperti Salmonella dan E. Coli.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan efek antimikroba dari strain Lactobacilli probiotik yang ditemukan dalam yogurt komersial. Meskipun kembung setelah makan probiotik tampaknya merupakan pertanda baik bahwa bakteri berbahaya dikeluarkan dari usus, beberapa orang mungkin mengalami kembung parah, yang bisa sangat menyakitkan. Minum terlalu banyak kombucha juga dapat menyebabkan kelebihan gula dan asupan kalori, yang juga dapat menyebabkan kembung dan gas.

Sakit kepala dan migrain

Makanan fermentasi yang kaya akan probiotik seperti kombucha, secara alami mengandung amina biogenik yang diproduksi selama fermentasi. Amina dibuat oleh bakteri tertentu untuk memecah asam amino dalam makanan fermentasi. Yang paling umum ditemukan dalam makanan kaya probiotik termasuk histamin dan tyramine.

Beberapa orang sensitif terhadap histamin dan amina lainnya, dan mungkin mengalami sakit kepala setelah mengonsumsi kombucha. Karena amina merangsang sistem saraf pusat, mereka dapat meningkatkan atau mengurangi aliran darah, yang dapat memicu sakit kepala dan migrain.

Intoleransi histamin

Histamin berlimpah dalam makanan fermentasi. Bagi sebagian besar, enzim spesifik tubuh kita akan mencernanya secara alami. Namun, beberapa orang tidak cukup memproduksi enzim ini. Ini berarti histamin tidak akan dicerna dan sebagai gantinya akan diserap ke dalam aliran darah.

Ini dapat menyebabkan berbagai gejala intoleransi histamin. Yang paling umum adalah gatal, sakit kepala atau migrain, pilek (rinitis), mata merah, kelelahan, gatal-gatal, dan gejala pencernaan termasuk diare, mual, dan muntah.

Namun, intoleransi histamin juga dapat menyebabkan gejala yang lebih parah, termasuk asma, tekanan darah rendah, detak jantung tidak teratur, kolaps sirkulasi, perubahan psikologis mendadak (seperti kecemasan, agresivitas, pusing, dan kurang konsentrasi) dan gangguan tidur.

Penyakit yang ditularkan melalui makanan

Meskipun sebagian besar makanan fermentasi aman, masih mungkin bagi mereka untuk terkontaminasi dengan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. Pada 2012, terjadi 89 kasus Salmonella di AS karena tempe yang tidak dipasteurisasi.

Dua wabah besar Escherichia coli dilaporkan di sekolah-sekolah Korea Selatan pada tahun 2013 dan 2014. Ini terkait dengan konsumsi kimchi sayuran fermentasi yang terkontaminasi.

Dalam kebanyakan kasus, probiotik yang ditemukan dalam produk susu fermentasi seperti keju, yogurt, dan buttermilk dapat secara efektif mencegah pertumbuhan bakteri tertentu, seperti Staphylococcus aureus dan Staphylococcal enterotoxins, yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Tetapi dalam beberapa kasus, probiotik gagal dan bakteri sebenarnya dapat mengeluarkan racun, sehingga produk tersebut mungkin berbahaya.

Infeksi dari probiotik

Probiotik umumnya aman untuk sebagian besar orang. Namun, dalam kasus yang jarang terjadi, mereka dapat menyebabkan infeksi – terutama pada orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

Sebuah penelitian di London melaporkan kasus pertama pasien diabetes berusia 65 tahun yang abses hatinya disebabkan oleh konsumsi probiotik. Pasien yang rentan, seperti mereka yang imunitasnya terganggu, jangan mengonsumsi probiotik berlebihan.

Resistensi antibiotik

Bakteri probiotik dapat membawa gen yang memberikan resistensi terhadap antibiotik. Gen resistensi antibiotik ini dapat menular ke bakteri lain yang ditemukan dalam rantai makanan dan saluran pencernaan melalui transfer gen horizontal. Gen resistensi antibiotik yang paling umum dibawa oleh makanan fermentasi adalah melawan eritromisin dan tetrasiklin, yang digunakan untuk mengobati infeksi pernapasan dan beberapa penyakit menular seksual.

Para peneliti menemukan strain probiotik resisten dalam suplemen makanan yang tersedia secara komersial, yang dapat berarti resistensi terhadap beberapa jenis antibiotik yang biasa digunakan untuk mengobati infeksi bakteri serius.

Penelitian juga menemukan enam strain Bacillus probiotik yang ditemukan dalam produk makanan (termasuk kimchi, yogurt, dan zaitun) juga tahan terhadap beberapa antibiotik.

Dan, sebuah penelitian di Malaysia baru-baru ini menunjukkan bakteri Lactobacilli probiotik pada kefir membawa resistensi terhadap berbagai antibiotik, termasuk ampisilin, penisilin, dan tetrasiklin. Ini digunakan untuk mengobati penyakit manusia yang serius termasuk infeksi kandung kemih, pneumonia, gonore, dan meningitis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *