6 Manfaat Almond untuk Kesehatan

Kesehatan057 views

Inionline.id – Almond adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang kaya akan nutrisi dan vitamin. Meski harganya relative mahal, namun almond tetap digemari bahkan tak jarang dijadikan camilan.

Ahli gizi Angelique Panagos mengatakan, almond baik dikonsumsi dalam bentuk apapun, baik menjadi campuran salad, pelengkap sarapan bahkan dijadikan saus. Sebab, almond mengandung sumber omega 3, asam lemak esensial tak jenuh ganda, protein, serat, nutrisi dan vitamin.

Lalu apa lagi manfaat lain dari almond? Berikut 6 manfaat almond untuk kesehatan :

1. Turunkan kolesterol jahat

Sebuah penelitian telah menemukan bahwa, ketika almond dikonsumsi seseorang dengan berat badan normal, maka almond dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh.

2. Meningkatkan vitamin E

Almond juga merupakan sumber vitamin E. Mengonsumsi beberapa genggam almond sama dengan yang mencukupi 37 persen dari AKG. Artinya, almond juga bisa membantu mempertahankan sel terhadap oksidasi kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Selain itu, vitamin E juga telah terbukti melindungi sel-sel dari kerusakan oksidatif, yang dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan.

3. Mengurangi berat badan

Meski mengandung kalori dan lemak tinggi, mengonsumsi kacang almond bisa membantu menurunkan berat badan seseorang. Selain memicu rasa kenyang, Almond juga tinggi sumber vegan sehingga bisa menjadi alternative camilan saat diet.

4. Mengurangi risiko kanker

Sebuah penelitian di Meksiko menemukan bahwa konsumsi almond yang tinggi bisa mengurangi risiko kanker payudara hingga dua atau tiga kali lipat. Almond juga diklaim, secara signifikan mampu mengurangi risiko kanker usus besar untuk pria dan wanita.

5. Menekan risiko penyakit jantung

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi 50 gram almond sehari, bisa membantu menjaga pembuluh darah berfungsi dengan baik, meningkatkan antioksidan dalam aliran darah, mengurangi tekanan darah dan meningkatkan aliran darah.

6. Meningkatkan kualitas tidur

Almond merupakan sumber magnesium, kalsium, dan melatonin yang baik. Penelitian awal menunjukkan bahwa almond merupakan sumber yang baik untuk meningkatkan relaksasi otot dan tidur. Kendati demikian, terkait hal ini perlu ada penelitian lebih lanjut untuk lebih menguatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *