globalnin

bluehost india coupon code

godaddy india coupon

pizzahut offers

5 Gejala Kanker Usus Besar yang Sering Diabaikan

Inionline.id – Kanker usus besar menjadi salah satu penyakit kronis paling mematikan. Sayang, gejala kanker usus besar kerap hadir tanpa disadari.

Beberapa gejala yang hadir kerap dianggap sebagai gangguan pencernaan pada umumnya. Kasus yang menimpa Rick Osterberg (45) menjadi salah satu contohnya.

Mengutip US News, Osterberg tak menduga bahwa sembelit, kram pada bagian perut, dan demam yang dialaminya selama enam bulan akan berujung pada diagnosis kanker usus besar stadium tiga.

Gejala yang tak terdeteksi membuat kanker yang menyerang sistem pencernaan manusia ini baru diketahui saat telah memasuki stadium akhir. Padahal, jika dideteksi sedari dini, kanker ini dapat diatasi.

Untuk itu, kiranya Anda perlu lebih cermat untuk mewaspadai beberapa gejalanya. Berikut gejala kanker usus besar :

1. Nyeri pada perut

Nyeri serta perasaan tidak nyaman lainnya pada perut yang berlangsung lama menjadi salah satu gejala yang tak bisa diabaikan.

Nyeri yang disertai dengan perasaan kembung disebabkan oleh adanya perubahan kebiasaan buang air besar yang dipicu oleh pertumbuhan sel kanker.

2. Kelelahan

Perasaan lelah yang menerus dapat disebabkan oleh adanya pendarahan ringan pada polip.

Tak hanya itu, kelelahan juga menjadi efek samping dari berkembangnya sel kanker yang ‘memakan’ energi tubuh.

3. Penurunan berat badan

Penurunan berat badan secara tiba-tiba sebesar 4,5 kg dalam beberapa bulan menjadi penanda kanker usus besar. Penurunan disebabkan oleh keberadaan sel kanker yang mengganggu proses perubahan nutrisi pangan menjadi energi.

4. Pendarahan

Darah yang muncul saat buang air besar disertai tinja yang berwarna gelap juga menjadi gejala dari kanker usus besar.

Jika mengalami kejadian ini selama lebih dari tiga kali berturut-turut, Anda disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

5. Perubahan kebiasaan buang air

Sel kanker yang berkembang memengaruhi kebiasaan buang air kecil dan besar.

Salah satunya adalah inkontinensia urine. Nama terakhir merupakan kondisi di mana buang air kecil menjadi tak terkontrol.

Perubahan pada kondisi feses yang menipis atau mencair juga menjadi salah satu gejala kanker usus besar. Perubahan ini disebabkan oleh adanya tumor atau polip kanker yang menyebabkan diare dan sembelit.

Check Also

Waspada Diabetes Anak Sejak Dini

Inionline.id – Orang tua harus mulai bisa mengenali gejala-gejala diabetes atau diabetes tipe 1 yang …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *