Menristekdikti: Penelitian Masih Banyak di Tahap Dasar

Pendidikan057 views

Inionline.id – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan saat ini penelitian Indonesia masih banyak di tahap dasar. Terkait hal itu, pihaknya terus mendorong adanya riset terapan dan pengembangan.

“Sekarang riset kita masih banyak di prototype, tapi paling banyak tetap di dasar. Yang masuk inovasi masih sangat kecil,” kata Nasir, ditemui di Kantor Kemenristekdikti usai acara Silaturahmi Nasional Lembaga Litbang Indonesia Tahun 2019.

Menurut Nasir, riset ke depannya harus menjadi inovasi dan memiliki kebermanfaatan bagi masyarkaat umum. Oleh sebab itu, ia mengatakan penelitian harus ditingkatkan sampai kepada tahapan riset terapan.

Industrialisasi riset-riset yang ada, kata Nasir harus terus didorong dengan melakukan mediasi antara peneliti dengan industri. Ia mengatakan, langkah tersebut juga terus dilakukan Kemenrisktekdiki.

Satu cara yang dilakukan Kemenristekdikit untuk meingkatkan industrialisasi adalah program inventor, innovator, investor collaboration. Sebab, yang harus ditekankan dari penelitian yang dilakukan selama ini adalah apakah riset tersebut bisa memberikan manfaat bagi masyarakat.

“Artinya, harus ada kolaborasi inovasi antara inventor, inovator dan investor. Kami selalu lakukan itu. Kemarin juga dengan Pak Dirjen ke Jerman, mempromosikan, ada tujuh yang bisa kerja sama,” kata Nasir menjelaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *