Menikmati Keindahan Kawasan Cisolok, Pelabuhan Ratu

Inionline.id – Pernah ke Cisolok? Perjalanan ke sana terbilang mengasyikan karena suguhan keindahan alamnya.

Cisolok adalah salah satu nama kecamatan yang berada di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Wilayah Cisolok berbatasan langsung dengan Kabupaten Lebak, Banten.

Cisolok populer dengan destinasi wisata yang beragam dan unik, antara lain, Pantai Cibangban, Karang Hawu, Kebon Kelapa, Nambo, Karang Haji, serta Pantai Karang Papak. Kecamatan Cisolok bahkan memiliki potensi kekayaan tambang material sejenis emas, galena, zeolite juga mangan.

Untuk menuju ke sana, Anda bisa mengambil rute menuju ke arah Bogor, kemudian dilanjutkan ke Sukabumi. Namun, jika berasal dari Bogor maupun Bandung, tinggal lurus ke arah Sukabumi.

Rute perjalanan ke Cisolok ini bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun umum. Khusus menggunakan angkutan umum bisa mengambil jurusan Bogor-Pelabuhan Ratu. Waktu tempuh sekitar 3-4 jam dari Terminal Baranangsiang, Bogor. Setibanya di terminal Pelabuhan Ratu, perjalanan bisa diteruskan dengan angkot berwarna ungu tua jurusan Cisolok.

Selain rute perjalanan ke Cisolok yang tergolong mudah, wilayah itu mempunyai iklim tropis dengan curah hujan yang cukup signifikan. Namun pernah juga mengalami keadaan presipitasi hingga dalam kurun waktu satu bulan terkering.

Berkunjung ke Cisolok ini tak akan pernah membosankan. Beragam wisata akan ditemui, bahkan untuk wisata edukasi sekalipun. Satu di antaranya adalah Museum Palagan Bojongkokosan. Museum ini dianggap sebagai museum masyarakat Sukabumi.

Museum bersejarah tersebut didirikan sebagai wujud penghormatan kepada para pahlawan perang yang gugur dalam peristiwa Bojongkokosan. Peristiwa yang diperingati setiap tanggal 9 Desember itu, dilatarbelakangi peperangan antara pejuang Sukabumi dengan tentara sekutu Inggris beserta NICA Belanda, yang ingin kembali untuk menjajah Indonesia.

Anda bisa menuju lokasi museum itu di Desa Bojongkokosan, tepatnya di Jalan Siliwangi Nomor 75, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Selain wisata edukasi, Anda juga menikmati wisata alam yang sayang untuk dilewatkan. Yuk, kita ke Cisolok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *