DUGAAN PENCEMARAN AIR KALI SIKENG, PEMDES DAN MUSPIKA LAKUKAN PENGECEKAN KELOKASI

Antar Daerah057 views

Inionline.id – Dugaan pencemaran aliran air Kali Sikeng yang melintasi wilayah Desa Sukasari Kecamatan Rumpin dikeluhkan warga. Pasalnya, dimusim kemarau seperti sekarang ini, banyak warga yang menggunakan air dari aliran kali tersebut untuk mencuci dan mandi.

“Iya sepertinya sudah tercemar. Selain warna air dan bau nya sudah berubah, banyak warga juga yang merasakan gatal-gatal setelah memakai air kali Sikeng.” Ungkap Dedi (39) seorang warga yang minta identitas lengkapnya tidak disebutkan.

Menanggapi adanya keluhan tersebut, aparatur Pemerintah Desa (Pemdes) Sukasari langsung merespon cepat. Bersama jajaran Muspika Rumpin, para pejabat otoritas wilayah ini langsung turun ke lapangan dan melakukan pengecekan adanya dugaan pencemaran air tersebut.

“Ya kami mendampingi pak Plt.Camat bersama jajaran muspika lainnya untuk melihat langsung kondisi air Kali Sikeng yang dikeluhkan warga,” ungkap pelaksana tugas (Plt) Kades Sukasari Syaeful Wahid, kepada wartawan, Senin (6/10/2019).

Dia menambahkan, dugaan adanya pencemaran air di Kali Sikeng memang perlu dibuktikan secara ilmiah melalui penelitian laboratorium. Namun demikian pihaknya ingin memastikan dulu dan melihat langsung kondisinya. “Makanya kami turun lakukan pengecekan ke lokasi mendampingin Muspika.” Pungkasnya.

Penelusuran awak media ini serta informasi detail warga, dugaan pencemaran air kali Sikeng diduga kuat akibat adanya aktifitas usaha tambang dari beberapa perusahaan galian tambang dihulu sungai tersebut.

Sementara pelaksana tugas (Plt) Camat Rumpin Kurnia Indra saat dikonfirmasi terkait hal ini membenarkan bahwa dirinya telah turun langsung ke lapangan untuk melakukan pengecekan kondisi air kali Sikeng tersebut.

Dia menjelaskan, pihaknya juga telah mengambil beberapa contoh air kali Sikeng untuk dilakukan penelitian lebih dalam oleh pihak yang kompeten. “Kami tampung aspirasi masyarakat dan akan kami tindak lanjuti.” Pungkasnya. (Mul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *