BENJOLAN DI PERMUKAAN JALAN RAYA PARUNGPANJANG GANGGU PENGENDARA

Inionline.id – Masyarakat dan Pengendara keluhkan jalan yang bergelombang diguda bekas injakan truk tambang di Ruas Jl. Raya Mohamad Toha Kecamatan Parungpanjang Kabupaten Bogor. Pasalnya, gembang seperti membenjol dipermukaan jalan ganggu pengendara yang melintas.

Jalan kelas Provinsi Jawa Barat ini merupakan perbatasan Kab. Tangerang dengan Kab. Bogor, salah satu akses utama angkutan tambang berlalu lalang, begitu nampak aspal yang membenjol yang muncul dipermukaan jalan berukuran 15 hingga 30 centi meter.

Keterangan salah satu pengemudi mobil, Edi Mulyadi yang merupakan ketua PGRI Kecamatan Parungpanjang, ia mengatakan jalan yang bergelombang seperti ini bisa membahayakan pengendara, apalagi untuk sepeda motor saat melintasi jalannya bergelombang.

“Saya aja saat mengemudikan mobil, tergasruk bagian kolongannya terkena aspal yang bergelombang. Bahkan, kondisi seperti ini, bisa menyebabkan rawan kecelakaan, kerna jalan yang bergelomba dan menonjol pengendara sepeda motor bisa tergelincir, “ungkapnya.

Sementara itu Sekcam Parungpanjang Icang Aliyudin mengatakan jalan Provinsi Jawa Barat itu kemarin sudah ada perbaikan sepanjang 10 kilo meter.

Menurut dia, munculnya gelombang dipermukaan jalan disebabkan adanya kualitas jalan dengan bobot kendaraan tidak sesuai, sehingga jalan bergelombang.

“Terjadinya antrian mobil truk yang memiliki bobot besar dan parkir dibadan jalan membuat sebelah kiri jalan bergelombang. Tonase yang berlebihan, memang pembangunan jalan ini ketidaksesuaian membangun jalan, karna kekuatan jalan 20 tone namun bobot kendaraan yang melintas lebih dari 40 tone, “cetusnya.

Lanjut Icang, kondisi seperti itu bisa berakibat rusaknya jalan dan dihawatirkan terjadi kecelakaan lalulintas, terutama bagi pengendara sepeda motor sangat rentan, sedangkan mobil bagian kolongnya sering tergasruk.

Kondisi jalan saat ini sudah rusak, dan sudah kami laporkan ke KSUP dan ternyata kata KSUP Provinsi Jabar, jalan ini masih dalam pemeliharaan oleh pemegang proyek, jadi mudah-mudahan tidak lama lagi ada perbaikan jalan, harapnya. (Mul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *