Ahmad Ru’yat : Cabut Moratorium ! DOB Itu Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Politik057 views

Inionline.id – Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat, Ahmad Ru’yat menegaskan bahwa peran kabupaten induk dalam menentukan Daerah Otonom Baru (DOB) sangatlah penting, hal itu diutarakan dirinya saat talkshow di PJTV, Bandung, pada senin (21/10).

“Bagaimana kabupaten induk menyiapkan pemekaran, dan mekarlah daerah tersebut, jadi memang perlu ada kerjasama antara kabupaten induk dengan semangat pemekaran,” kata Ru’yat.

Masa kepemimpinan Ridwan Kamil hari ini sebagai Gubernur Jawa Barat juga telah disebutkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) telah disebutkan bahwa selama lima tahun akan mengusulkan minimal enam DOB.

“Tentu ini harus diperjuangkan dan disuarakan kepada pemerintah pusat, karena pada 27 Desember 2013, bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pernah melayangkan surat kepada Ketua DPR RI adanya pembentukan Provinsi, Kabupaten, Kota,” ujar Ru’yat.

Daerah-daerah tersebut diantaranya adalah Garut Selatan, Sukabumi Utara, serta Bogor Barat. “Harusnya sudah lama selesai, tapi karena ada moratorium jadi dihentikan, mungkin memperhatikan keuangan negara, dan lain sebagainya,” kata Ru’yat.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera ini menekankan kepada pemerintah pusat agar pemekaran ini menjadi prioritas.
“Moratorium dicabut !, kalau memang daerahnya sudah over populasi, bebannya terlalu berat, ini semua kan untuk kesejahteraan masyarakat juga,” pungkas Ru’yat. (JC)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *