7 Manfaat Sereh Untuk Tubuh

Kesehatan157 views

Inionline.id – Sereh merupakan salah satu bumbu dapur yang berkhasiat. Bahkan, ada banyak manfaat sereh untuk tubuh mulai dari kulit hingga fungsi hati. Apa saja ya?

Sereh hijau dan merah diketahui memiliki kandungan yang dapat membantu detoksifikasi. Apalagi, bila daun sereh ditambah dengan khasiat air rebusan daun salam.

Berikut tujuh manfaat sereh yang dirangkum :

1. Membersihkan Tubuh

Kandungan sereh bisa membantu mengeluarkan zat-zat berbahaya dari tubuh. Manfaat sereh juga bisa meningkatkan kesehatan ginjal, kandung kemih, dan juga fungsi hati.

2. Kolestrol

Daun sereh juga diketahui dapat menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh. Pasalnya, manfaat sereh memiliki senyawa yang dapat menjaga kadar kolestrol tetap stabil.

3. Depresi

Sereh memiliki manfaat untuk mencegah depresi karena sifat antidepresan. Aroma sereh juga bisa membuat relaksasi pada otot dan saraf sehingga mencegah depresi pada tubuh.

4. Penyakit Kulit

Mengonsumsi teh sereh secara teratur bisa memberikan manfaat pada penyakit di kulit. Misalnya, kadas, kudis, hingga infeksi dari luka terbuka.

5. Demam

Manfaat sereh yang lain, yakni bisa menurunkan demam. Pasalnya, mengonsumsi sereh bisa membuat tubuh jauh lebih tenang.

6. Flu

Ketika flu melanda, sereh juga bisa dijadikan solusi. Sebab, manfaat sereh bisa menurunkan gejala flu seperti demam dan hidung tersumbat.

7. Ketombe

Manfaat sereh yang terakhir adalah mengatasi ketombe pada kepala. Caranya dengan menggunakan minyak sereh langsung pada kulit kepala yang bermasalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *